-->

13 Agustus 2012

Bolehkah Berbicara Saat Mandi dan Wudlu ?


Diperbolehkan berbicara dan bercakap-cakap saat mandi dan wudlu. Ada beberapa hadits yang mendasari hal tersebut, antara lain :
1.    Hadits Ummu Hani’ binti Abi Thaalib radliyallaahu ‘anhaa :
عن أم هانىء بنت أبي طالب تقول: ذهبت إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم عام الفتح، فوجدته يغتسل، وفاطمة ابنته تستره، قالت: فسلمت عليه، فقال: (من هذه). فقلت: أنا أم هانىء بنت أبي طالب، فقال: (مرحبا بأم هانىء).
Dari Ummi Haani’ binti Abi Thaalib ia berkata : “Aku pergi menemui Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pada satu hari waktu Fathu Makkah. Aku mendapati beliau sedang mandi sedangkan Fathimah – putri beliau – sedang menutupinya. Kemudian aku ucapkan salam kepada beliau. (Setelah menjawab salam), beliau bertanya : “Siapakah ini ?”. Aku menjawab : “Aku Ummu Haani’ binti Abu Thaalib. Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda : “Selamat datang wahai Ummu Hani’” [HR. Al-Bukhari no. 357 dan Muslim no. 336].
2.    Hadits ‘Aisyah radliyallaahu ‘anhaa :
عن عائشة؛ قالت : كنت أغتسل أنا ورسول الله صلى الله عليه وسلم من إناء، بيني وبينه، واحد. فيبادرني حتى أقول: دع لي، دع لي. قالت: وهما جنبان.
Dari ‘Aisyah ia berkata : “Aku pernah mandi bersama Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam dalam satu bejana. Beliau mendahuluiku dalam mengambil air hingga aku berkata : “Sisakan untukku, sisakan untukku”. Perawi (Mu’adzah) berkata : “Mereka berdua berada dalam keadaan junub” [HR. Al-Bukhari no. 261 dan Muslim no. 321].
3.    Hadits ‘Amru bin Al-‘Ash radliyallaahu ‘anhuma :
عن عمرو بن العاص يقول بعث الي رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال خذ عليك ثيابك وسلاحك ثم ائتني فأتيته وهو يتوضأ فصعد في النظر ثم طأطأ فقال اني أريد ان ابعثك على جيش فيسلمك الله ويغنمك وارغب لك من المال رغبة صالحة قال قلت يا رسول الله ما أسلمت من أجل المال ولكني أسلمت رغبة في الإسلام وأن أكون مع رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال يا عمرو نعم المال الصالح للمرء الصالح
Dari ‘Amru bin Al-‘Ash, ia berkata : “Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam mengutus seseorang kepadaku, dan kemudian menyampaikan pesan beliau : ‘Ambil baju dan senjatamu, kemudian datanglah kepadaku (Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam)’. Aku pun mendatangi beliau yang saat itu sedang berwudlu. Beliau mengangkat pandangannya kemudian menunduk dan bersabda : “Sesungguhnya aku ingin mengutusmu untuk satu peperangan. Semoga Allah memberikan keselamatan dan harta ghanimah kepadamu. Dan aku berharap kepadamu dari harta yang baik”. Aku berkata : “Wahai Rasulullah, tidaklah aku masuk agama Islam semata-mata mengharapkan harta, namun aku masuk Islam karena aku memang menginginkan Islam”. Dan aku pun (setelah itu) bersama Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Lalu beliau bersabda : “Wahai ‘Amr, sebaik-baik harta yang shalih adalah untuk seseorang yang shaalih” [HR. Ahmad no. 17798 dan Al-Bukhari dalam Al-Adaabul-Mufrad no. 299; sanadnya shahih sesuai syarat Muslim].
Tiga hadits di atas menunjukkan tentang kebolehannya, sekaligus menepis anggapan sebagian orang yang memakruhkannya. Wallaahu a’lam.
[Abul-Jauzaa’]

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.