-->

09 Agustus 2012

JENIS-JENIS SIHIR DAN CARA MENGATASINYA

Jika kita mau melihat dan mengkaji, dan mengambil pelajaran dari Al Quran dan Hadits-hadits Sahih serta tingkah laku manusia maka kita akan mendapati bahwa sihir itu bermacam-macam, ringkasnya seperti berikut :


1. Sihir Tafriq (memisahkan seseorang dengan istrinya)
2. Sihir Mahabbah (sihir cinta)
3. Sihir takhyil (berkhayal)
4. Sihir Junun (kegilaan)
5. Sihir khumul (stress)
6. Sihir hawatif (mimpi buruk dan suara tanpa rupa)
7. Sihir marodh (sakit/penyakit)
8. Sihir Nazif (pendarahan)
9. Sihir ta’thil zawaj (menghalangi pernikahan)
Penjelasan singkatnya seperti ini :
1. Sihir Tafriq (memisahkan seseorang dengan istrinya)
a. Dalil dari al Quran
(QS al Baqoroh : 102)
Artinya : “ maka mereka mempelajari dari kedua malaikat itu apa yang dengan sihir itu, mereka dapat menceraikan antara seorang suami dan isterinya”
b. Dalil dari Sunnah
c. Definisi sihir tafriq :
Adalah perbuatan sihir yang dimaksudkan untuk memisahkan antara suami istri atau untuk menghembuskan rasa tidak suka diantara dua orang yang bersahabat atau diantara dua orang yang menjalin suatu perjanjian.
d. Sebab-sebab tejadinya sihir tafriq:
Ibnu Katsir mengatakan bahwa sebab terjadinya perceraian diantara suami dan istri akibat sihir adalah hal-hal yang dibayangkan secara khayal oleh suami atau istri terhadap pasanganya. Dan sifat buruk apabila dipandang atau perilakunya yang jelek atau hal lainya yang mengakibatkan terjadinya perceraian/perpisahan.
e. Macam-macamnya:
- Memisahkan seseorang dengan ibunya, ayahnya, saudaranya, temannya dan tetangganya.
- Memisahkan dua orang yang menjalin akd dalam hubungan sihir.
- Macam yang paling berbahaya adalah memisahkan atau mencaraikan abtara suami dan istri.
f. Tanda-tandanya :
- terjadi pertubahan yang drastic, yang semula mencintai kemudian membenci dan munculnya keraguan diantara keduanya.
- Membesarnya sebab-sebab perselisihan meskipun hanya pada hal-hal yang sepele
- Berubahnya perangan suami dimata istrinya, dan berubahnya peangan istri dimata suaminya, sehingga seorang suami melihat istrinya dalam rupa yang jelek dan demikian pula sebaliknya.
- Orang yang terkena sihir menjadi tidak suka terhadap setiap perbuatan yang dilakukan oleh orang lain, demikin juga tempat dimana dia duduk disitu.
g. Bagaimana terjadinya:
Seseorang yang menyihir itu biasanya mengambil nama orang yang akan disihirnya dan nama ibunya, demikian juga dia mengambil benda-benda yang menempel pada tubuhnya atau sesuatu yang dipakainya seperti rambut, baju, dan saputanganya. Apabila dengan cara ini tidak berhasil, maka dia akan menggunakan cara lain yaitu dengan meniupkan sihirnya kedalam air kemudian dia berupaya agar orang yang akan disihirnya itu melangkah diatas air tersbut atau agar air yang sudah ditiup dengan sihirnya itu diletakan dalam makanan dan minumanya.
h. Terapi dan pengobatanya:
Akan dibahas dalam bab terapi dan penyembuhan dari gangguan sihir.
2. Sihir Mahabbah (sihir cinta)
a. Dalilnya: alhadits
Artinya :
“dari Abdullah bin mas’ud, ia berkata: ”saya mendengar Rasulullah AW bersabda: “ sesungguhnya ar-ruqo (jampi-jampi), tamaim (jimat-jimat), dan tiwalah (pengasihan) itu adalah syirik”.
Ar-ruqo yang dimaksud dalam hadits tersebut adalah segala macam jampi/mantra selain ayat-ayat alqur’an atai doa dan dzikir yang sahih dan disyariatkan. Sebagaimana hadits Nabi SAW :
“tidak mengapa (menggunakan) ruqyah (doa-doa) selama tidak ada syirik didalamya”
b. Tanda-tandanya:
- Rasa ketertarikan dan cinta yang berlebihan hingga tidak sabar lagi untuk menahanya.
- Rasa senang yang terlalu hingga menyebabkan keinginan untuk memperbanyak jimak (hubungan sexual).
- Rasa kerinduan yang mengebu-gebu untuk melihat wanita dan segala keinginanya.
c. Sebab-sebabnya:
- Munculnya konflik antara suami istri
- Ambisi seorang wanita mencintai suaminya secara berlebihan hingga membahayakan dirinya.
- Ambisi wanita terhadap harta suaminya, meskipun ia sudah kaya.
- Kekhawatiran seorang waita terhadap suaminya apabila kawin lagi.
d. Bagaimana terjadinya terjadi sihir mahabbah itu:
Si wanita tersebut pergi ke tukang sihir untuk melakukan sihir untuknya sehingga dapat mempengaruhi suaminya dan ini menunjukan kelemahan imanya dan minimnya agamanya serta kebodohan terhadap tuhanya, kemudian tuakng sihir tersebut meminta kepadanya benda yang dipakai suaminya seperti baju, sapu tangan atau kopiahnya, dengan syarat benda itu bukanlah yang baru dan mengandung keringatnya. Kemudian tukang sihir itu mengambil benang dari pakaian itu kemudianmeniupnya dan mengikatnya, setelah itu dia diperintahkan kepada wanita tersebut untuk menanamnya ditempat yang terang. Atau tukang sihir itu melakukan sihirnya dengan meletakanya didalam air atau makanan. Sihir yang paling jahat dan membahayakan adalah apa yang dinamakan dengan “sihir hitam”m yaitu sihir yang dibuat dari benda-benda najis, darah haid, dan nifas.
e. Sihir mahabbah dapat berbalik pengaruhnya
- Kadang-kadang sihir mahabah itu bisa berbalik menjadi sihir kebencian, sehingga seseorang menjadi benci kepad semua wanita, termasuk istrinya, dan terkadang sampai menceraikanya.
- Kadang-kadang suami bisa sakit disebabkan karenanya, karena bisa jadi mengandung barang-barang najis
- Kadang-kadang pada tingkat tertentu, seseorang dapat membenci semua wanita, termasuk ibunya sendiri, saudara perempuanya, bibinya, dan wanita lainya.
3. Sihir Takhyil
a. Dalilnya : QS al araf : 115 – 122 dan QS Toha : 65-66
b. Tanda-tanda sihir takhyil:
- Hal-hal yang sebenarnya dibalikan (dengan sihir) sehingga seseorang malihat sesuatu yang sangat kecil manjadi besar, dan sebaliknya.
- Sesuatu yang diam terlihat bergerak-gerakdan sesuatu yang bergerak terlihat diam, sebagaiman diceritaka dalam ayat diatas.
c. Bagaimana sihir takhyil terjadi :
Seorang penyihir mula-mula menghadirkan sesuatu yag telah diketahui oleh masyarakat banyak. Kemudian dia baca mantra-mantra syiriknya untuk meminta pertolongan kepada syaithon-syaiton yang telah tunduk kepadanya untuk melakukan hal menjadi keinginanya, sehingga masyarakat melihat hal itu bukan sebagaimana bentuk aselinya.
Mereka para penyihir itu dikenal orang-orang yang lihai membnuat orang terbayang-bayang dan hal ini sekaranhg dinamakan sirus atau sulap.
d. Cara membatalkan (menghilangkan) sihir takhyil
Sangat mudah, yaitu denga membaca ayat-ayat pengusir syaitan secara umum seperti: membaca ayat kursi, adza, dzikir-dzikir pengusir syaitan, mambaca basmalah. Hal itu dapat dilakukan jika yang membacanya dalam kondisi telah berwudhu.
4. Sihir Junun (kegilaan)
a. Dalilnya
Dari kharijah bin as Sholt dari pamanya, sesungguny ia (pamanya) datang kepada Nabi saw untuk masuk islam, kemudian ia kembali pulang. Ketika melewati suatu kaum, ditengah-tengah mereka terdapat seseorang gila dan diikat dengan besi, keluarganya berkata: “sesungguhnya kita ingin menyampaikan suatu berita bahwa temanmu (Muhamad saw) telah datang dengan membawa berita (wahyu), apakah kalian memeili sesuat yang dapat mengobati?” maka aku meruqyahnya dengan surat al fatihah, sehingga ia sembuh lalu memberiku hadiah berupa 100 ekor kambing, kemudian aku datang kepada Nabi SAW memberitakan hal ini kepadanya. Nabi bertanya : “ apakah kamu membaca selain ini (al fatihah) ?”, aku berkata “tidak”. Nabi bersabda : “ ambilah 100 ekor kambing itu. Sungguh celaka apabila seorang makan dari ruqyah yang bathil (syirik), dan sungguh beruntung engkau karena engkau makan dari ruqyah yang haq (benar).
Dalam riwayat lain dikatakan: kemudian dia meruqyah orang itu dengan surat al fatihah selama tiga hari, pagi dan sore, setiap selesai membacanya dia kumpulkan ludahnya lalu meniupkanya (kepada yang sakit).
b. Tanda-tanda sihir junun (gila) :
- Lari (keluar dari rumah), pikiranya linglung dan pelupa berat
- Berbicara tidak teratur
- Matanya terbelalak, memandang kemana-mana
- Tidak bisa diam dan tenang disuatu tempat dan tidak bisa diam melakukan aktifitas tertentu
- Tidak peduli pada penampilanya
- Pada kondisi yang parah, tiba-tiba ia bangkit, tidak tau entah kemana akan pergi bahkan terkadang ia tertidur di tempat-tempat terpencil.
c. Bagaiman sihir junun (gila) ini terjadi:
Sihir itu dimasukan oleh tukang sihir kedalam tubuh korban dan menguasai otaknya, hingga ia menekan sel-sel otak yang berfungsi untuk berfikir dan mengingat atau memalingkan fikiran orang tersebut, dengan hal-hal yang diketahui oleh Allah SWT. Ketika tulah muncul tanda-tanda diatas.
5. Sihir Khumul (stress)
a. Tanda-tanda Sihir khumul (stress) :
- Suka menyendiri
- Mengisolir diri secara penuh dan tidak mau bergaul denga orang lain
- Selalu diam
- Hilang ingatan
- Pusing terus menerus
- Diam dan tenang
b. Proses terjadinya :
Sihir ini dilakukan oleh seorang tukang sihir denga mengirimkan jin kepada korbanya dan memerintahkanya untuk menguasai akal pikiranya sehingga si korban akan menyendiri dan menjauh dari orang banyak. kemudian jin itu melakukan perintah si tukang sihir sesuai dengan kemampuanya sehingga akan muncul tanda-tanda pada si korban dengan kuat atau lemahnya jin tersebut.
6. Sihir Hawatif (mimpi atau suara tanpa rupa)
a. Tanda-tanda sihir hawatif :
- Mimpi-mimpi yang menakutkan
- Melihat dalam mimpinya seakan-akan ada orang yang memangggilnya
- Mendengar suara-suara yang berbicara denganya dalam kondisi sadar, tetapi ia tidak melihat seorang pun
- Merasa was-was yang berlebihan
- Merasa ragu terhadap teman-teman dan shabat
- Melihat dalam mimpinya seakan-akan dian jatuh dai tempat yang tinggi
- Melihat binatang-binatang mengusirnya ketika sedang tidur
b. Bagaimana Sihir Hawatif itu terjadi?
Seorang tukang sihir biasanya mengirimkan jin dan memeberikan tugas utnk mengganggun orangtersebut ketika sedang tisur atau dalam kondisi terjaga. Mungkin dengan bentuk binatang-binatang buas atau suara orag-orang telah dikenal orang yang sakit atau dengan suara-suara aneh. Sehingga menbuatnya ragu terhadap teman yang dekat maupun jauh reaksi dan tanda-tandanya akan berbeda tergantung kuat dan lemanya sihir. Bahkan hal tersebut bisa menyebabkan manjadi gila atau menjadi lemah hingga hilangnya gangguan.
7. Sihir Maridh (sakit)
a. Tanda-tandan sihir sakit :
- Sakit terus menerus (permanen) pada salah satu anggota tubuh
- Gangguan-gangguan syaraf
- Lumpuh pada salah satu organ tubuh
- Tidak berfungsinya slah satu dari panca indera
Ket : sebagian dari tanda-tanda tersebut mirip dengan tanda-tanda penyakit syaraf atau sendi. Untuk bisa membedajan antara keduanya diketahui dengan cara membacakan ruqyah keopada si pasien. Jika ia merasakan sakit ketika dibacakan ruqyah seperti merasa bingung atau aanya getaran-getaran di ujung jari jemarinya, merasa pusing atau ada perubahan pada fisiknya. Apabila pasien merasakan salah satu dari hal tersebut maka dia telah terkena sihir. Jika tida maka ia terkena penyaklit fisik, cukup dengan terapi dari dokter (medis).
b. Bagaimana sihir ini terjadi :
Seoarng tukang sihir mengirimkan jin kepada orang yang ingin disihirnya, kemudia jin itu bertempat diotaknya hingga ia tinggal pada pusat pendengaran atau penglihatan atau disaraf tangan atau kaki dan ketika hal tersebut terjadi maka ada tiga kemungkinan sebagai berikut:
- Mungkin akan menyebabkan organya tidak berfungsi sama sekali. Sehingga orang tersebut terkena kebutaan, lumpuh, tuli, atau bisu tidak bisa berbicara.
- Mungkin akan menyebabkan organnya tida berfungsi namun terkadang bisa berfungsi
- Dan mungkin jin itu bisa menjadikan otak orang tersebut memberikan isyarat-isyarat yang cepat dan terus menerus tanpa ada penyebab apa-apa, sehingga ada aorgan tubuhnya yang tertahan dan tidak bisa bergerak.
Allah Ta’ala berfirman dalam QS Al Baqoroh: 102
Artinya : “ mereka tidak akan dapat membahayakan kecuali atas seizing Allah”
Berdasarkan ayat ini maka Allah Ta’ala telah menetapkan bahaya yang terjadi pada orang yang disihir, tetapi tetap berhubungan dengan kehendak Allah ta’ala, maka tidak perlu merasa heran terhadap semua itu.

8. Sihir Nadzif ( istihadhoh/pendarahan)
a. Maknanya :
Ahli fiqih sering menyebutnya istihadoh, dan para dokter menyebutnya”nadzaf” (pendarahan)
Ibnu Atsir berkata “istihadoh adalah darah yang keluar secara terus menerus dari alat kelamin wanita setelah hari-hari haid yang sudah rutin”.
Pendarahan ini kadang berlangsung selama sebulan, kadang banyak kadang sedikit keluarnya.
b. Terjadinya Sihir Nadzaf ini
Jenis dari sihir ini terjadi pada selain wanita, caranya seorang penyihir itu mengirimkan jin untuk menguasai wanita yang hendak disihirnya dan ia memerintahkan jin tersebut untuk menurunkan pendarahan pada wanita tersebut. Kemudian jin itu akan masuk kedalam tubuh wanita tersebut dan berjalan melalui pembuluh darah. Nabi SAW besabda “syetan itu berjalan pada diri manusia melalui tempat mengalirnya darah” . ketika jin itu sampai pada bagian tertentu di rahim maka dia meloncat dengan kuat sehingga mengalirkan darah. Ketika Nabi SAW ditanya oelh Himmah binti Jahsy tentang istihadoh, beliau menjawab: “ sesunggunya istihadoh itu adalah goncangan diantara goncangan-goncangan syaitan”.
9. Sihir Ta’thil Zawaj (tidak mau menikah)
a. Bagaiman sihir ini terjadi :
Seseorang yang iri dan dengki ingin membuat sihir (tipu daya) pergi ke tukang sihir yang jahat dan meminta pertolongan kepadanya untuk membuatkan sihir yang ditujukan kepada seorang gadis putrid seseorang agar tidak dapat menikah, kemudian tukang sihir meinta dirinya nama gadis tersebut dan nama ibunya serta salah satu pakaian bekasnya, kemudian dia melakukan sihirnya dengan memerintahkan kepada salah satu jin atau lebih untuk menyertai gadis itu, hingga ia bisa masuk kedalam tubuhnya untuk memepengaruihi gadis itu sehingga ia mengalami salah satu dari empat kondisi sebagai berikut :
- Rasa takut yang berlebihan
- Marah yang memuncak
- Lupa berat
- Hilangnya syahwat
Dalam hal ini jin melakukan tugasnya diantara dua keadaan sebagai berikut :
- Mungkin jin it masuk ke tubuh gadis itu sehingga gadis itu merasa sempit (tidak nyaman dan tidak bisa menerima) calon suami yang datang untuk melamarnya.
- Mungkin jin itu tidak bisa masuk ke tubuh gadis itu sehingga dia menggunakan sihir takhyil dai luar dimana seakan-alkan terlihat oleh laki-laki itu bahwa gadis itu kelihatan jelek, jin mengganggunya dengan cara seperti itu dan dia lakukan juga kepada si gadis.
Pada saat sihir itu beraksi dengan hebatnya maka seseorang yang ingin melamar gadis itu , ketika akan memasuki pintu rumahnya ia merasa tidak enak dan tidak nyaman sehingga hidup ini tampak gelap dalam raut wajahnya, seakan-akan dia berada dalam penjara sehingga ia tidak akan kemali lagi.
b. Tanda-tanda Sihir Ta’thil Zawaj :
- Dari waktu ke waktu merasa pusing, dan tidak bisa hilang meskipun sudah minum obat.
- Dada terasa sempit (sesak) mulai ba’da ashar hingga tengah malam
- Melihat gadis yang dilamar dalam penampilan buruk (tidak menarik)
- Terlalu banyak berangan-angan
- Disaat tidur terasa pusing dan gagap
- Terkadang merasa sakit yang terus-menerus di lambung
- Terasa sakit pada bagian tulang punggung bawah.
sumber : http://klinikruqyah.blogspot.com/2010/01/waspadalah-apakah-anda-pernah-merasakan_05.html

Diberdayakan oleh Blogger.