-->

11 Agustus 2012

Jika Engkau Ingin Menjaga Kesehatanmu Maka Ikutilah Perintah Nabi shallallahu alaihi wasallam




Jika engkau ingin menjaga kesehatanmu, maka ikutilah Nabi Shallallahu alaihi wasallam. Karena tindakanmu itu akan mendatangkan kebaikan bagimu. Hal ini tidak saja terkait dengan masalah pengobatan, tapi berlaku untuk segala urusanmu di dunia, apalagi untuk urusan Akhirat.
Jika engkau ingin memperoleh kehidupan yang menyenangkan, dalam keadaan sehat, ridha kepada Allah dan kemudian meraih surga yang luasnya seluas langit dan bumi, maka engkau harus mengikuti petunjuk Nabi Shallallahu alaihi wasallam. Allah telah memberikan petunjuk jalan kepada kita. Itu bukan sembarang jalan, tapi itu merupakan jalan yang terang-benderang dan nyata, yang jika engkau menitinya, maka penglihatan hatimu menjadi terang, hatimu berseri-seri, hidungmu hanya mencium aroma yang semerbak harumdan Lidahmu tak pernah berhenti melantunkan Al-qur’an.

Insya Allah engkau akanmencium aroma surga, yang di dalamnya terdapat pemandangan yang tidak pernah dilihat mata, tidak pernah didengar oleh telinga dan tidak pernah terdetik dalam hati manusia, terdiri dari sungai, bidadari, istana, dan segala macam kebaikan. Puncaknya engkau akan menyaksikan Wajah Rabb-mu yang Maha mulia dan bersanding bersama nabimu. Kita memohon limpahan karunia dari Allah semata.

Dengan mengikutai petunjuk Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam semasa hidupnya, maka insya Allah kita akan terjauhkan dari berbagai penyakit yang berkembang pada zaman sekarang. Perkataan Nabi bukan sekedar perkataan, begitu pula perintah, apa yang disunahkan, dilarang dan dimakruhkan beliau. Tap itu semua merupakan hakikat yang tidak dapat diaragukan, mengikuti perintah beliau pasti merupakan kebaikan dan menyalahi beliau pasti merupakan keburukan.

Beberapa akibat menyalahi petunjuk Nabi Shallallahu alaihi wasallam, yaitu muculnya beberapa macam penyakit diantaranya :

1. Sebab-sebab penyakit hati

Penyakit hati ada 2 macam : pertama syahwat, kedua syubhat dan keragu-raguan

Munculnya penyakit-penyakit ini hanya ada satu sebab, yaitu menyalahi Nabi, mari kita lihat dampak dari berbagai jenis tindakan yang menyalahi petunjuk beliau, dan perintah Allah Contohnya :
Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih Suci bagi mereka, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang mereka perbuat”.(QS An-nur 30)

Nabi juga memerintahkan hal yang sama dan memperingatkan agar tidak membiarkan pandangan mata meryap kemana-mana. Siapa yang menyalahi perintah ini, maka lama-kelamaan dia akan melakukan salah satu dosa besar, yaitu Zina.

Masalah mencintai orang-orang muslim. Nabi bersabda :‘’Salah seorang di antara kalian tidak disebut beriman hingga dia mencintai saudaranya sebagaimana dia mencintai dirinya sendiri.(HR Muttafaq alahi)

Siapa yang menyalahi perintah ini, buntut-buntutnya akan mendengki dan iri kepada orang lain sesama muslim.
Masalah mengikuti petunjuk Nabi, Allah telah berfirman :Apa yang diberikan Rasul kepadamu, Maka terimalah. dan apa yang dilarangnya bagimu, Maka tinggalkanlah. dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah amat keras hukumannya.(QS. Al-Hasyr : 7)

Sekarang banyak orang yang menyatakan bahwa perintah-perintah Nabi tidak relevan dengan zaman modern, ini pendapat orang yang bodoh saja yang berkata seperti ini. Ini merupakan pengaruh penyakit Hati, berupa Syubhat dan keragu-raguan. Hal itu juga menunjukkan ketiadaan keridhaan kepada Hukum-Hukum Allah dan takdir-nya.

2. Penyakit-penyakit badan dan sebabya

Diantaranya penyaki badan ada pula yang disebabakan menyalahi perintah Nabi ,mari kita baca sabda beliau :
‘’Janganlah sekali-kali salah seorang, diantara kalian kencing di air yang berhenti dan tidak mengalir, kemudian mandi disana.(HR. Muttafaq Alaihi)

Pada zaman sekarang banyak orang yang kencing di air tak mengalir. Dengan begitu mereka telah menyalahi perintah Nabi, akibatnya orang yang memanfaatkan air itu terkena Bilharziasis / parasit trematoda atau virus dan lainnya, yang akhirnya menyebabkan problem baru di dunia medis.

Dari abu Qatadah, dia berkata, Nabi bersabda :“Jika salah seorang di antara kalian minum, janganlah dia menghembuskan napas di dalam bejana minumannya.(HR.HR. Muttfaq alaihi)

Pada zaman sekarang banyak terjadi penularan penyakit dari satu orang ke orang lain, karena orang yang sakit menghembuskan napas saat minum.

Nabi juga melarang menggunakan obat yang buruk, yang dimaksudkan buruk atau al-khabits yaitu obat beracun atau racun itu sendiri.‘’Sesungguhnya Allah tidak menjadikan kesembuhan kalian pada sesuatu yang diharamkan atas kalian.(HR Bukhari)

Kini di kalangan manusia muncul berbagai tindakan yang menyalahi semua petunjuk ini, bagaimana mereka menggunakan hal-hal yang diaharamkan, sehingga mucul penyakit Kanker, gagal ginjal, inveksi, dll.

Beberapa kajian medis meyebutkan bahwa penyakit kanker memiliki beberapa sebab, adapun sebabnya yang paling pokok ialah menyantap makanan yang masih panas, sebab lainnya ialah Rokok, alcohol, dan tembakau.

Ini hanya sebagian kecil saja beberapa kemukjizatan Al-qur’an DAN As-Sunnah dalam bidang kesehatan untuk prefentif.

Diberdayakan oleh Blogger.