-->

03 September 2012

Astaghfirullaah Nah looh...! Pemimpin Ikhwanul Muslimin Hadiri Perayaan Natal Gereja Koptik Mesir-



KAIRO, MESIR (voa-islam.com) - Para pemimpin Ikhwannul Muslimin akhirnya menghadiri undangan perayaan Natal umat Koptik Mesir yang digelar pada 7 Januari 2012, media massa setempat melaporkan, Ahad



Wakil Pemimpin Tertinggi (Mursyid) Ikhwanul Muslim, Dr. Mahmoud Ezzat dan Dr. Mohamed Moursi, Ketua Partai Hurriyah Wal Adalah --sayap politik Ikhwanul Muslim-- menghadiri undangan Natal di Katedral Abbasea, Kairo, tersebut.




Para petinggi Ikhwanul Muslimin itu datang untuk menyampaikan selamat kepada Pemimpin Tertinggi Gereja Koptik, Shenouda II, dan meninggalkan gereja menjelang pelaksanaan misa Natal, kata surat kabar "Al-Ahram".




"Ini pertama kali gereja Koptik secara resmi mengundang Ikhwanul Muslimin dan dihadiri para petinggi organisasi Islam berpengaruh di Mesir tersebut," kata suratkabar "Al Ahram".




Sebelumnya pemimpin tertinggi Gereja Ortodoks Koptik Mesir, Paus Shenouda mengirimkan undangan untuk semua faksi politik untuk menghadiri Misa Malam Natal termasuk partai Salafi Ashalah, An-Nur dan Fadhilah serta Partai Kebebasan dan Keadilan Ikhwanul Muslimin. Tidak diberitakan apakah ada anggota partai lain yang juga menghadiri undangan tersebut.


Ikwanul Muslimin sendiri saat ini merupakan kekuatan politik utama Mesir, yang dipastikan menang dalam pemilihan anggota parlemen, yang sedang berlangsung.




Pada Agustus 2011, para petinggi Ikhwanul Muslimin juga untuk pertama kali melakukan kunjungan kepada pemimpin gereja Koptik, yang diterima oleh Shenouda III.


Organisasi pemuda Ikhwanul Muslimin, Syubbanul Muslimin bekerja sama dengan pihak keamanan setempat turut mengamankan pelaksanaan Natal di berbagai gereja Koptik di seantero negara itu.




Pengawalan gereja pada perayaan Natal itu untuk mencegah serangan bom oleh kelompok teroris.




Pada Natal tahun lalu terjadi serangan bom di salah satu gereja di Iskandariyah, kota wisata pesisir laut Tengah (221 kilometer utara Kairo).




Sebelumnya, Pemimpin tertinggi Gereja Ortodoks Koptik Mesir, Paus Shenouda mengirimkan undangan untuk semua faksi politik untuk menghadiri Misa Malam Natal termasuk partai Salafi Ashalah, An-Nur dan Fadhilah serta Partai Kebebasan dan Keadilan Ikhwanul Muslimin, sumber gereja mengatakan pada hari Rabu lalu.


Sumber tersebut mengatakan bahwa Shenouda bersikeras mengundang semua warga Mesir dan partai politik terlepas dari afiliasi mereka untuk merayakan kelahiran Kristus.


Gereja Koptik Mesir merayakan Natal pada 7 Januari berpegang pada kalender Julius, yang memastikan kelahiran Yesus Kristus jatuh pada 7 Januari tahun ke-6 sebelum Masehi.




Gereja lain merayakan Natal pada 25 Desember berdasarkan atas kalender Gregorius, yang ditetapkan Paus Gregorius XIII pada 1585 atas hasil penelitian perbintangan oleh astronom kala itu. (by/ant)






Sumber : voa-islam.com

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.