Ibnu Mas’ud berkata:
Rasulullah menggaris satu garis dengan tangannya, kemudian bersabda:
“Ini adalah jalan Allah yang lurus.”
Setelahnya beliau menggaris beberapa garis di sebelah kanan dan kirinya, kemudian beliau bersabda:
“Ini adalah jalan-jalan. Tidak ada satu jalan pun dari jalan-jalan ini melainkan di atasnya ada setan yang mengajak kepadanya.”
Beliau lalu membaca ayat:
“Sesungguhnya ini adalah jalan-Ku yang lurus, maka
ikutilah jalan ini dan jangan kalian mengikuti jalan-jalan lain karena
jalan-jalan itu mencerai-beraikan kalian dari jalan-Nya.” Hadits ini
diriwayatkan oleh Al-Imam Ahmad dalam Musnad-nya (1/465 dan 1/435) dan
Ad-Darimi dalam Sunan-nya (no. 204)
Segala puji bagi Allah yang telah menunjukkan
jalan yang lurus dan mengangkat hamba terkasih-Nya sebagai pemandu
menuju-Nya. Salawat dan salam semoga tercurah kepada Muhammad
sebaik-baik nabi dan utusan, dan juga bagi para sahabat serta
pengikutnya yang setia hingga akhir zaman. Amma ba’du.
Ayat-ayat al-Qur’an yang begitu indah dan
menakjubkan, memberikan kepada kita gambaran yang jelas mengenai
karakter dan hakekat jalan yang lurus. Jalan yang setiap hari kita mohon
kepada Allah untuk ditunjuki kepadanya. Jalan yang akan mengantarkan
penempuhnya menuju surga dan kebahagiaan, serta melemparkan orang yang
melenceng darinya menuju neraka dan kesengsaraan.
Memadukan antara ilmu dan amal
Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Yaitu
jalannya orang-orang yang Engkau beri nikmat atas mereka, bukan jalan
orang-orang yang dimurkai dan bukan pula jalan orang-orang yang
tersesat.” (QS. al-Fatihah: 7).
Syaikh as-Sa’di rahimahullah menerangkan bahwa hakekat jalan yang lurus itu akan diperoleh dengan cara mengenali kebenaran dan mengamalkannya (lihat Taisir al-Karim ar-Rahman, hal. 39). Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah berkata, “Dengan
ucapan anda ‘Ihdinash shirathal mustaqim’ itu artinya anda telah
meminta kepada Allah ta’ala ilmu yang bermanfaat dan amal yang saleh.” (Tafsir Juz ‘Amma, hal. 12).
Syaikh Abdurrazzaq al-Badr hafizhahullah berkata, “Maka
orang yang diberi nikmat atas mereka yaitu orang yang berilmu sekaligus
beramal. Adapun orang-orang yang dimurkai yaitu orang-orang yang
berilmu namun tidak beramal. Sedangkan orang-orang yang tersesat ialah
orang-orang yang beramal tanpa landasan ilmu.” (Tsamrat al-’Ilmi al-’Amalu, hal. 14). Ibnul Qayyim rahimahullah
menjelaskan bahwa penyebab orang terjerumus dalam kesesatan ialah
rusaknya ilmu dan keyakinan. Sedangkan penyebab orang terjerumus dalam
kemurkaan ialah rusaknya niat dan amalan (lihat al-Fawa’id, hal. 21)
Memadukan antara tauhid dan ketaatan
Allah ta’ala berfirman memberitakan ucapan Nabi ‘Isa ‘alaihis salam (yang artinya), “Maka
bertakwalah kalian kepada Allah dan taatilah aku. Sesungguhnya Allah
adalah Rabbku dan Rabb kalian, maka sembahlah Dia. Inilah jalan yang
lurus.” (QS. Ali Imran: 50-51, lihat juga QS. Az-Zukhruf: 63-64).
Syaikh as-Sa’di rahimahullah berkata, “Inilah,
yaitu penyembahan kepada Allah, ketakwaan kepada-Nya, serta ketaatan
kepada rasul-Nya merupakan ‘jalan lurus’ yang mengantarkan kepada Allah
dan menuju surga-Nya, adapun yang selain jalan itu maka itu adalah
jalan-jalan yang menjerumuskan ke neraka.” (Taisir al-Karim ar-Rahman, hal. 132). Ibnul Qayyim rahimahullah berkata, “…Sesungguhnya
kebenaran itu hanya satu, yaitu jalan Allah yang lurus, tiada jalan
yang mengantarkan kepada-Nya selain jalan itu. Yaitu beribadah kepada
Allah tanpa mempersekutukan-Nya dengan apapun, dengan cara menjalankan
syari’at yang ditetapkan-Nya melalui lisan Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi
wa sallam, bukan dengan [landasan] hawa nafsu maupun bid’ah-bid’ah…” (at-Tafsir al-Qayyim, hal. 116-117)
Dalam surat Maryam, Allah ta’ala juga memberitakan ucapan Isa ‘alaihis salam tersebut (yang artinya), “Dan sesungguhnya Allah adalah Rabbku dan Rabb kalian, maka sembahlah Dia. Inilah jalan yang lurus.” (QS. Maryam: 36).
Syaikh as-Sa’di rahimahullah menerangkan, bahwa makna ‘sembahlah Dia’ adalah: ikhlaskan ibadah kepada-Nya, bersungguh-sungguhlah dalam inabah (taubat dan semakin taat) kepada-Nya. Di dalam ungkapan ‘Sesungguhnya Allah adalah Rabbku dan Rabb kalian maka sembahlah Dia’ terkandung penetapan tauhid rububiyah dan tauhid uluhiyah, serta berargumentasi dengan tauhid yang pertama (rububiyah) untuk mewajibkan tauhid yang kedua (uluhiyah) (lihat Taisir al-Karim ar-Rahman, hal. 493)
Bahkan, Allah sendiri telah menegaskan bahwa
tauhid dan ketaatan kepada-Nya inilah jalan yang lurus itu, bukan
penyembahan dan ketaatan kepada syaitan. Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Bukankah
Aku telah berpesan kepada kalian, wahai keturunan Adam; Janganlah
kalian menyembah syaitan. Sesungguhnya dia adalah musuh yang nyata bagi
kalian. Dan sembahlah Aku. Inilah jalan yang lurus.” (QS. Yasin: 60-61). Syaikh as-Sa’di rahimahullah
menerangkan, bahwa yang dimaksud ‘mentaati syaitan’ itu mencakup segala
bentuk kekafiran dan kemaksiatan. Adapun jalan yang lurus itu adalah
beribadah kepada Allah, taat kepada-Nya, dan mendurhakai syaitan (lihat Taisir al-Karim ar-Rahman, hal. 698)
Perlu diingat, bahwa ketaatan kepada Rasul pada
hakekatnya merupakan ketaatan kepada Allah, tidak bisa dipisahkan satu
dengan yang lainnya. Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Barangsiapa yang taat kepada rasul itu, sesungguhnya dia telah taat kepada Allah.” (QS. an-Nisaa’: 80).
Ayat ini menunjukkan bahwa semua orang yang taat kepada Rasulullah
dalam hal perintah dan larangannya sesungguhnya telah taat kepada Allah ta’ala.
Karena rasul tidaklah memerintah dan melarang kecuali dengan perintah
dari Allah, dengan syari’at dan wahyu dari-Nya. Sehingga hal ini
menunjukkan ‘ishmah/keterpeliharaan diri Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam. Karena Allah memerintahkan taat kepada beliau secara mutlak (lihat Taisir al-Karim ar-Rahman, hal. 189)
Kata Kunci
Dari pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa ada
empat kata kunci agar seorang hamba bisa berjalan di atas jalan yang
lurus, yaitu:
-
Ilmu, karena dengan ilmu ini maka dia akan bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah, mana tauhid mana syirik, mana sunnah mana bid’ah, mana taat mana maksiat, dst.
-
Amal, karena dengan mengamalkan ilmunya dia akan terbebas dari kemurkaan Allah, bahkan dia akan mendapatkan tambahan petunjuk karenanya. Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Orang-orang yang mengikuti petunjuk itu, maka Allah akan menambahkan kepada mereka petunjuk dan Allah berikan kepada mereka ketakwaan mereka.” (QS. Muhammad: 17). Di dalam ayat yang mulia ini Allah menjanjikan dua balasan bagi orang yang mengikuti petunjuk (baca: mengamalkan ilmunya), yaitu: ilmu yang bermanfaat dan amal yang saleh (lihat Taisir al-Karim ar-Rahman, hal. 787)
-
Tauhid, karena dengan memahami dan melaksanakan tauhid maka seorang hamba telah mewujudkan tujuan hidupnya dan berada di atas jalan yang akan mengantarkannya ke surga, jika dia istiqomah di atasnya hingga ajal tiba.
-
Taat, karena dengan menjalankan perintah dan menjauhi larangan berarti dia telah menunjukkan penghambaannya kepada Allah dan kepatuhannya kepada Rasulullah, sehingga dia akan mendapatkan keberuntungan -di dunia maupun di akherat- sebagaimana yang dijanjikan oleh Allah kepada hamba-hamba-Nya yang taat kepada-Nya. Allahu a’lam.
Penulis: Abu Mushlih Ari Wahyudi
Artikel www.muslim.or.id
0 komentar:
Posting Komentar