-->

17 Agustus 2012

Di Antara Bukti Kesesatan Sufi : Tidak Takut Neraka dan Tidak Membutuhkan Surga




Inilah di antara perkataan tokoh-tokoh mereka. As-Sulami, Al-Hajuwiri, Al-Manufi Al-Husaii, meriwayatkan bahwa Abu Yazid Al-Busthami yang disebut sebagai Al-Junaid al-Baghdadi -seperti yang mereka riwayatkan-:

"Abu Yazid Al-Bustami di kalangan kami adalah
seperti Malaikat Jibril di kalangan malaikat." (Kasyfu Al-Mahjubi, Al-Hajuwiri, hal. 313) Ia berkata, "Surga itu tidak pernah terlintas di hati orang-orang yang mempunyai cinta, karena mereka terhalang daripadanya karena cinta mereka."

(Thabaqatu Ash-Shufiyyah, As-Sulami, hal. 19. Kasyfu Al-Mahjubi, Al-Hajuwiri, hal. 318. Jamharatu Al-Auliyai, Al-Manufi Al-Husaini, Jilid II, hal. 139. Juga An-Nur fi Kalimati Abi Thaifur, As-Sahlaji, hal. 169)


Ibnu Al-Arif meriwayatkan dari Abu Yazid Al-Busthami bahwa ia
melecehkan pahala dan tidak peduli dengan siksa.

Abu Yazid Al-Busthami bermunajat kepada Allah Ta'ala (dengan berkata),


"Aku tidak menginginkan-Mu karena pahala

Namun, aku menginginkan-Mu karena siksa."

(Mahasinu Al-Majalisu, Abu Al-Abbas Ahmad bin Muhammad Ash-Sufi Ash-Shanhaji bin al-Arif. Juga Syarhu Ash-Shufiyyah, Mahmud Al-Ghurab, hal. 180)


Abu Yazid Al-Busthami berkata, "Barangsiapa kenal Allah, maka surga menjadi pahala dan petaka baginya." (An-Nuru fi Kalimati Abu Thaifur, As-Sahlaji, hal. 147)


Abu Yazid Al-Busthami berkata, "Aku ingin Hari Kiamat terjadi
AGAR AKU BISA MEMASANG KEMAHKU DI PINTU JAHANNAM." Seseorang berkata kepada Abu Yazid Al-Busthami, "Kenapa begitu wahai Abu Yazid?" Abu Yazid Al-Busthami menjawab, "Karena aku tahu bahwa JIKA JAHANNAM MELIHATKU, IA PASTI PADAM." (An-Nuru fi Kalimati Abu Thaifur, As-Sahlaji, hal. 147)

Orang-orang sufi meriwayatkan dari Ibrahim bin Adham bahwa ia
MELECEHKAN KENIKMATAN SURGA dengan do'anya, " Ya Allah, Engkau tahu bahwa surga itu tidak sebanding dengan sayap nyamuk bagiku." (Jamharatu Al-Auliyai, Abu Al-Faidh Al-Manufi Al-Husaini, Jilid II, hal. 130)

Orang-orang sufi meriwayatkan dari Asy-Syibli yang dikatakan oleh Al-Junaid, "Setiap kaum mempunyai mahkota dan mahkota kaum ini (sufi) adalah Asy-Syibli." (Nafahatu Al-Unsi, Al-Jami, hal. 180)


Di antara
PENGHINAAN Asy-Syibli terhadap neraka dan apinya, ia berkata dalam majelis ilmunya, "Sesungguhnya Allah mempunyai hamba-hamba. Jika mereka MELUDAH di atas Jahannam, maka Jahannam PASTI PADAM." (Al-Luma', Ath-Thusi, hal. 491)

Asy-Syibli berkata, "Jika terlintas di benakku bahwa neraka dan apinya membakar sehelai rambutku, maka aku musyrik." (Ibid, hal. 490)


Di antara bentuk lain
PENGHINAAN Asy-Syibli terhadap ancaman bagi penghuni neraka (dan penghinaan terhadap ayat Al-Qur'an), dikisahkan bahwa pada suatu ketika ia mendengar seseorang membaca ayat:

"Allah berfirman, 'Tinggallah kalian dengan hina di dalamnya dan janganlah kalian berbicara dengan Aku." (Al-Mukmininj: 108)


Ia berkata, "Ah, seandainya aku menjadi salah seorang di antara mereka." (Ibid, hal. 490)


An-Nafzi Ar-Randi dan Abu Thalib Al-Makki meriwayatkan dari Abu Hazim Al-Madani yang berkata:


"Aku malu kepada Tuhanku jika aku menyembah-Nya karena takut siksa. Kalau begitu, aku seperti orang jahat yang jika tidak takut, maka ia tidak akan... beramal. Aku juga malu kepada-Nya jika aku menyembah-Nya karena mengharap pahala-Nya, karena jika aku menyembah-Nya karena mengharap pahala-Nya maka dengan cara seperti itu aku seperti buruh yang jahat yang jika tidak diberi gaji maka ia tidak mau bekerja, namun aku menyembah-Nya karena cinta kepada-Nya." (Ghautsu Al-Mawahibi Al-Aliyyati, AN-Nafzi Ar-Randi, Jilid I, hal. 242. Juga Qutu Al-Qulubi, Abu Thalib Al-Makki, Jilid II, hal. 56).


Muhammad bin Sa'id Az-Zanji pernah ditanya, siapa sebenarnya yang dinamakan
ORANG HINA itu? Ia menjawab, Yaitu orang yang menyembah Allah karena takut dan berharap." (Nafahatu Al-Unsi, Al-Jami, hal. 38)

[Semua perkataan di atas dikutip dari kitab Dirasat fi At-Tasawuf, Dr. Ihsan Ilahi Dhahir, Edisi Indonesia Darah Hitam Tasawuf, penerbit Darul Falah, Jakarta]


Maka PERHATIKAN INI, wahai para sufi, siapakah orang yang dikatakan HINA oleh kalian itu...


Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:


"Aku adalah orang yang
PALING TAHU di antara kalian tentang Allah, karena itu aku adalah orang yang PALING TAKUT di antara kalian kepada-Nya." (HR. Bukhari dan Muslim)

Di antara tokoh Sufi, ada yang bernama Ibnu Arabi, nama lengkapnya Abu Bakar Muhammad ibn Ali Muhyiddin Al-Hatimi At-Thai Al-Andalusi, dikenal dengan Ibnu Arabi (bukan Ibnul Arabi yang ahli tafsir).


Ibnu Arabi dianggap sebagai tokoh tasawuf falsafi, lahir di Murcia Spanyol, 17 ramadhan 560 H/28 Juli 1165 M, dan mati di Damaskus, Rabi’ul Tsani 638 H/Oktober 1240 M. Inti ajarannya didasarkan atas teori wihdatul wujud (satunya wujud, semua wujud di alam ini adalah – cerminan – Allah) yang menghasilkan wihdatul adyan (satunya agama, tauhid maupun syirik).


Di antara ajaran Ibnu Arabi adalah:


- Hamba adalah Tuhan (tercantum dalam kitab Ibnu Arabi, Fushush Al-Hikam, 92-93).


- Neraka adalah surga itu sendiri (Fushush Al-Hikam, 93-94).- Perbuatan hamba adalah perbuatan Allah itu sendiri (Fushush Al-Hikam, 143).


- Fir’aun adalah mu’min dan terbebas dari siksa neraka (Fushush Al-Hikam, 181).


- Wanita adalah Tuhan (Fushush Al-Hikam, 216).


- Fir’aun adalah Tuhan Musa (Fushush Al-Hikam, 209).


- Semua ini adalah Allah, tidak ada nabi/rasul atau malaikat. Allah adalah manusia besar (Fushush Al-Hikam, 48).


- Allah membutuhkan pertolongan makhluk (Fushush Al-Hikam, 58-59).


Oleh karena sebegitu drastisnya penyimpangan yang ditampilkan Ibnu Arabi, maka 37 ulama telah mengkafirkannya atau memurtadkannya. Di antara yang mengkafirkan Ibnu Arabi itu adalah ulama-ulama besar yang dikenal sampai kini :

  • Ibnu Daqieq Al-‘Ied (w 702 H).
  • Ibnu Taimiyah (w 728 H).
  • Ibnu Qayyim Al-Jauziah (w 751 H).
  • Qadhi ‘Iyadh (w 744 H).
  • Al-‘Iraqi (w 826 H).
  • Ibnu Hajar Al-Asqalani (w 852 H).
  • Al-Jurjani (w 814 H).
  • Izzuddin bin Abdis Salam (w 660 H).
  • An-Nawawi (w 676 H).
  • Adz-Dzahabi (w 748 H).
  • Al-Bulqini (w 805 H).
(Lihat Tasawuf Belitan Iblis, Darul Falah, Jakarta, 2001, hlm. 72-73).

Allah Ta'ala yang memerintahkan agar orang-orang yang
BERIMAN takut kepada-Nya. Allah Ta'ala berfirman:

وَإِيَّايَ فَارْهَبُونِ


"dan hanya kepada-Ku-lah
KAMU HARUS TAKUT." (Al-Baqarah: 40)

يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلا يَشْفَعُونَ إِلا لِمَنِ ارْتَضَى وَهُمْ مِنْ خَشْيَتِهِ مُشْفِقُونَ


"Allah mengetahui segala sesuatu yang di hadapan mereka (malaikat) dan yang di belakang mereka, dan mereka tiada memberi syafaat melainkan kepada orang yang diridai Allah, dan mereka itu selalu berhati-hati karena takut kepada-Nya." (Al-Anbiyaa': 28)


وَلِمَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِ جَنَّتَانِ


"Dan
bagi orang yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada dua surga." (Ar-Rahman: 46)

Allah Ta'ala yang memerintahkan kepada orang-orang yang
BERIMAN, agar berdo'a dengan RASA TAKUT dan HARAP. Allah Ta'ala berfirman:

وَادْعُوهُ خَوْفًا وَطَمَعًا إِنَّ رَحْمَةَ اللَّهِ قَرِيبٌ مِنَ الْمُحْسِنِينَ


"Dan berdoalah kepada-Nya
DENGAN RASA TAKUT dan HARAPAN." (Al-A'raaf: 56)

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam adalah manusia yang
PALING MENGENAL ALLAH dan PALING TAKUT kepada-Nya, lalu mengapa orang-orang sufi mengatakan TIDAK TAKUT kepada Allah? 

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:


"Aku adalah orang yang
PALING TAHU di antara kalian tentang Allah, karena itu aku adalah orang yang PALING TAKUT di antara kalian kepada-Nya." (HR. Bukhari dan Muslim)

Perhatikan itu dan pikirkan
 , semoga terbuka hatimu untuk melihat kebenaran....

Semoga bermanfaat...



Notes:


Kita berbaik sangka kepada tokoh-tokoh dimana orang-orang sufi menukil ucapan dan perbuatan dari mereka, serta membersihkan mereka dari apa saja yang dialamatkan kepada mereka, seperti Rabi'ah al-Adawiyah, al-Junaid al-Baghdadi, Abdul Qadir al-Jailani, dan tokoh-tokoh lain.

__________

Sumber:
http://www.facebook.com/notes/al-fawaid/di-antara-bukti-kesesatan-sufi-tidak-takut-kepada-neraka-tidak-membutuhkan-surga/10150269877105175

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.