♥.•*¨*•.¸≈≈¸.•*¨*•.♥
syubhat :
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa salam bersabda :
قَالَ رَسُوْلُ اللهِ: "كَانَ اللهُ وَلَمْ يَكُنْ شَىءٌ غَيْـرُهُ" (رواه البخاري والبيهقي وابن الجارود)
Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda: “Allah ada pada azal (Ada tanpa permulaan) dan belum ada sesuatupun selain-Nya”. (H.R. al-Bukhari, al-Bayhaqi dan Ibn al-Jarud)
Dan hadits ini memberikan faedah keumuman, yaitu tidak ada sesuatupun selain Allah tatkala itu, termasuk alam dan tempat.
Meskipun Nabi bersabda demikian akan tetapi beliau tetap menetapkan bahwasanya Allah berada di atas langit, sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam yang sangat masyhur sekali yang diriwayatkan oleh banyak imam, di antaranya Al Imam Muslim di Shahih-nya juz II hal. 70-71 :
حديث الجارية:
عن معاوية بن الحكم قال: وَكَانَتْ لِي جَارِيَةٌ تَرْعَى غَنَمًا لِي قِبَلَ أُحُدٍ وَالْجَوَّانِيَّةِ فَاطَّلَعْتُ ذَاتَ يَوْمٍ فَإِذَا الذِّيبُ قَدْ ذَهَبَ بِشَاةٍ مِنْ غَنَمِهَا وَأَنَا رَجُلٌ مِنْ بَنِي آدَمَ آسَفُ كَمَا يَأْسَفُونَ لَكِنِّي صَكَكْتُهَا صَكَّةً فَأَتَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَعَظَّمَ ذَلِكَ عَلَيَّ قُلْتُ: «يَا رَسُولَ اللَّهِ أَفَلَا أُعْتِقُهَا؟»
قَالَ: ”ائْتِنِي بِهَا“ فَأَتَيْتُهُ بِهَا، فَقَالَ لَهَا: ”أَيْنَ اللَّهُ“، قَالَتْ: «فِي السَّمَاءِ.»
قَالَ: ”مَنْ أَنَا“ قَالَتْ: «أَنْتَ رَسُولُ اللَّهِ.»
قَالَ: ”أَعْتِقْهَا فَإِنَّهَا مُؤْمِنَةٌ“ [صحيح مسلم]
Dari sini kita pahami bahwa penetapan adanya Allah di atas langit istiwa di atas 'arsy tidaklah melazimkan bahwasanya Allah berada atau diliputi oleh tempat yang merupakan makhluk.
__
https://www.facebook.com/
♥.•*¨*•.¸≈≈¸.•*¨*•.♥
Bantahan : Jika kita ditanya, tunjukkan dalil Allah ada di atas langit istiwaa di atas 'arsy ? pasti kita akan jawab dengan ILMIAH yaitu Pada 8 tempat Ia berfirman di Kitab-Nya yaitu :
أأمنتم من في السماء أن يخسف بكم الأرض ) الملك /16. " Apakah kamu ...merasa aman terhadap Allah yang di langit ...... Al-Mulk : 16
الرَّحْمَنُ عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوَى...
Ar rahman di atas ‘Arsy Ia istiwaa’ (thaha:5)
…ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ…
Kemudian Ia istawaa’ di atas ‘Arsy(Qs Al A’araf:54)
ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ
kemudian Dia istiwaa’ di atas 'Arsy (Qs. Yunus : 3)
ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ
kemudian Dia istiwaa’ di atas 'Arsy (Qs. Ar ra’d:2)
ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ
Dia istiwaa’ di atas 'Arsy (Qs.Al Furqan:59)
ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ
kemudian Dia istiwaa’ di atas 'Arsy (Qs.As Sajdah:4)
ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ
kemudian Dia istiwaa’ di atas 'Arsy (Qs.A; hadid:4)
Dan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam yang sangat masyhur sekali yang diriwayatkan oleh banyak imam, di antaranya Al Imam Muslim di Shahih-nya juz II hal. 70-71 :
حديث الجارية:
عن معاوية بن الحكم قال: وَكَانَتْ لِي جَارِيَةٌ تَرْعَى غَنَمًا لِي قِبَلَ أُحُدٍ وَالْجَوَّانِيَّةِ فَاطَّلَعْتُ ذَاتَ يَوْمٍ فَإِذَا الذِّيبُ قَدْ ذَهَبَ بِشَاةٍ مِنْ غَنَمِهَا وَأَنَا رَجُلٌ مِنْ بَنِي آدَمَ آسَفُ كَمَا يَأْسَفُونَ لَكِنِّي صَكَكْتُهَا صَكَّةً فَأَتَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَعَظَّمَ ذَلِكَ عَلَيَّ قُلْتُ: «يَا رَسُولَ اللَّهِ أَفَلَا أُعْتِقُهَا؟»
قَالَ: ”ائْتِنِي بِهَا“ فَأَتَيْتُهُ بِهَا، فَقَالَ لَهَا: ”أَيْنَ اللَّهُ“، قَالَتْ: «فِي السَّمَاءِ.»
قَالَ: ”مَنْ أَنَا“ قَالَتْ: «أَنْتَ رَسُولُ اللَّهِ.»
قَالَ: ”أَعْتِقْهَا فَإِنَّهَا مُؤْمِنَةٌ“ [صحيح مسلم]
♥.•**•.♥
ISTIWA bukan BERTEMPAT tp BERADA TINGGI DI ATAS 'ARSY, berkata Al-Qurthubi rahimahullah :
الاستواء معلوم - يعني في اللغة
“Istiwaa’ itu diketahui – yaitu dalam bahasa (‘Arab)”.
*. Makna Istiwa Secara bahasa adalah Berada tinggi di atas 'Arsy
murid Ibnu ‘Abbas – mengenai firman Allah istawaa ‘alal-‘Arsy :
علا على العرش
“Ia berada tinggi di atas ‘Arsy” [HR. Al-Bukhari].
Sesuai pula dengan penjelasan Ibnu Mas’ud radliyallaahu ‘anhu :
والعرش على الماء والله عز وجل على العرش يعلم ما أنتم عليه
“’Arsy berada di atas air, dan Allah ‘azza wa jalla berada di atas ‘Arsy, yang mengetahui apa-apa yang kalian lakukan” [HR. Ath-Thabarani dalam Al-Kabiir; shahih].
** . Sedangkan Istiwa Secara Istilah adalah MAJHUL
--------------------------
2. memang benar Allah ada tanpa permulaan, karena Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :
قَالَ رَسُوْلُ اللهِ: "كَانَ اللهُ وَلَمْ يَكُنْ شَىءٌ غَيْـرُهُ" (رواه البخاري والبيهقي وابن الجارود)
Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda: “Allah ada pada azal (Ada tanpa permulaan) dan belum ada sesuatupun selain-Nya”. (H.R. al-Bukhari, al-Bayhaqi dan Ibn al-Jarud)
Akan tetapi HADITS INI TIDAK BERHENTI SAMPAI DISINI, knp ? karena setelah itu Allah menciptakan ARSY diatas air tersebut ( وعرشه علي الماء), dalam riwayat Nafi’ bin Zaid al Himyari disebutkan
كَانَ عَرْشُهُ عَلَى الْمَاءِ ثُمَّ خَلَقَ الْقَلَمَ فَقَالَ : اُكْتُبْ مَا هُوَ كَائِن ، ثُمَّ خَلَقَ السَّمَوَات وَالْأَرْض وَمَا فِيهِنَّ "
Setelah menciptakan ARSY-NYA diatas AIR, kemudian Allah menciptakan QOLAM (pena) dan berfirman : " Tulislah apa yang akan terjadi " kemudian Allah menciptakan LANGIT dan BUMI serta apa yang ada didalamnya.(Riwayat ini menegaskan tentang urutan ciptaan setelah arsy dan air).
قَوْلُهُ : ( وَكَانَ عَرْشُهُ عَلَى الْمَاء ، وَكَتَبَ فِي الذِّكْر كُلَّ شَيْء ، وَخَلَقَ السَّمَوَات وَالْأَرْض )
“Arsy-Nya di atas air, dan Allah menuliskan segala sesuatu pada adz-dzikir, dan Allah menciptakan langit dan bumi”
Sementara dalam ilmu Tauhid mengatakan :
" ثُمَّ خَلَقَ السَّمَاوَات وَالْأَرْض "
“ kemudian Allah menciptakan langit dan bumi “
Imam Muslim meriwayatkan dari hadits Abdullah bin Umar dari Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam :
رَوَى مُسْلِم مِنْ حَدِيث عَبْد اللَّه بْن عَمْرو مَرْفُوعًا " أَنَّ اللَّه قَدَّرَ مَقَادِير الْخَلَائِق قَبْل أَنْ يَخْلُق السَّمَاوَات وَالْأَرْض بِخَمْسِينَ أَلْف سَنَة وَكَانَ عَرْشه عَلَى الْمَاء "
“ Sesunguhnya Allah menetapkan kadar-kadar ciptaan sebelum menciptakan langit dan bumi selama 50 ribu tahun, dan arsy-Nya berada diatas air”
Setelah Allah menciptakan langit dan bumi, arsy- Nya berada diatas langit
Pada 8 tempat Ia berfirman di Kitab-Nya yaitu :
أأمنتم من في السماء أن يخسف بكم الأرض ) الملك /16. " Apakah kamu ...merasa aman terhadap Allah yang di langit ...... Al-Mulk : 16
الرَّحْمَنُ عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوَى...
Ar rahman di atas ‘Arsy Ia istiwaa’ (thaha:5)
…ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ…
Kemudian Ia istawaa’ di atas ‘Arsy(Qs Al A’araf:54)
ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ
kemudian Dia istiwaa’ di atas 'Arsy (Qs. Yunus : 3)
ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ
kemudian Dia istiwaa’ di atas 'Arsy (Qs. Ar ra’d:2)
ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ
Dia istiwaa’ di atas 'Arsy (Qs.Al Furqan:59)
ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ
kemudian Dia istiwaa’ di atas 'Arsy (Qs.As Sajdah:4)
ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ
kemudian Dia istiwaa’ di atas 'Arsy (Qs.A; hadid:4)
Dan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam yang sangat masyhur sekali yang diriwayatkan oleh banyak imam, di antaranya Al Imam Muslim di Shahih-nya juz II hal. 70-71 :
حديث الجارية:
عن معاوية بن الحكم قال: وَكَانَتْ لِي جَارِيَةٌ تَرْعَى غَنَمًا لِي قِبَلَ أُحُدٍ وَالْجَوَّانِيَّةِ فَاطَّلَعْتُ ذَاتَ يَوْمٍ فَإِذَا الذِّيبُ قَدْ ذَهَبَ بِشَاةٍ مِنْ غَنَمِهَا وَأَنَا رَجُلٌ مِنْ بَنِي آدَمَ آسَفُ كَمَا يَأْسَفُونَ لَكِنِّي صَكَكْتُهَا صَكَّةً فَأَتَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَعَظَّمَ ذَلِكَ عَلَيَّ قُلْتُ: «يَا رَسُولَ اللَّهِ أَفَلَا أُعْتِقُهَا؟»
قَالَ: ”ائْتِنِي بِهَا“ فَأَتَيْتُهُ بِهَا، فَقَالَ لَهَا: ”أَيْنَ اللَّهُ“، قَالَتْ: «فِي السَّمَاءِ.»
قَالَ: ”مَنْ أَنَا“ قَالَتْ: «أَنْتَ رَسُولُ اللَّهِ.»
قَالَ: ”أَعْتِقْهَا فَإِنَّهَا مُؤْمِنَةٌ“ [صحيح مسلم]
[Silahkan baca Syarah Fathul Baari كِتَاب بَدْءِ الْخَلْقِ]
adapun tambahan kalimat [وَهُوَ الآنَ عَلَى مَا عَليْه كَانَ] berkata Ibnu Hajar dalam kitabnya Syarah Fathul Baari [ وَهِيَ زِيَادَة لَيْسَتْ فِي شَيْء مِنْ كُتُب الْحَدِيث]
4 Imam Mahdzab berpendapat
1. Imam Abu Hanifah mengatakan :
سألت أبا حنيفة عمن يقول لا أعرف ربي في السماء أو في الأرض فقال قد كفر لأن الله تعالى يقول الرحمن على العرش استوى وعرشه فوق سمواته فقلت إنه يقول أقول على العرش استوى ولكن قال لا يدري العرش في السماء أو في الأرض قال إذا أنكر أنه في السماء فقد كفر رواها صاحب الفاروق بإسناد عن أبي بكر بن نصير بن يحيى عن الحكم
2. Imam Malik bin Anas mengatakan :
الله في السماء وعلمه في كل مكان لا يخلو منه شيء
3. Abu Abdillah Muhammad bin Idris Asy Syafi’i (yang terkenal dengan Imam Syafi’i), beliau berkata,
القول في السنة التي أنا عليها ورأيت اصحابنا عليها اصحاب الحديث الذين رأيتهم فأخذت عنهم مثل سفيان ومالك وغيرهما الإقرار بشهادة ان لااله الا الله وان محمدا رسول الله وذكر شيئا ثم قال وان الله على عرشه في سمائه يقرب من خلقه كيف شاء وان الله تعالى ينزل الى السماء الدنيا كيف شاء وذكر سائر الاعتقاد
4. Imam Ahmad bin Hambal pernah ditanya,
ما معنى قوله وهو معكم أينما كنتم و ما يكون من نجوى ثلاثه الا هو رابعهم قال علمه عالم الغيب والشهاده علمه محيط بكل شيء شاهد علام الغيوب يعلم الغيب ربنا على العرش بلا حد ولا صفه وسع كرسيه السموات والأرض
“Apa makna firman Allah,
وَهُوَ مَعَكُمْ أَيْنَ مَا كُنْتُمْ
“Dan Allah bersama kamu di mana saja kamu berada.
مَا يَكُونُ مِنْ نَجْوَى ثَلَاثَةٍ إِلَّا هُوَ رَابِعُهُمْ
“Tiada pembicaraan rahasia antara tiga orang, melainkan Dia-lah keempatnya.
Yang dimaksud dengan kebersamaan tersebut adalah ilmu Allah. Allah mengetahui yang ghoib dan yang nampak. Ilmu Allah meliputi segala sesuatu yang nampak dan yang tersembunyi. Namun Rabb kita tetap menetap tinggi di atas ‘Arsy, tanpa dibatasi dengan ruang, tanpa dibatasi dengan bentuk. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Kursi-Nya pun meliputi langit dan bumi.”
Diriwayatkan dari Yusuf bin Musa Al Ghadadiy, beliau berkata,
قيل لأبي عبد الله احمد بن حنبل الله عز و جل فوق السمآء السابعة على عرشه بائن من خلقه وقدرته وعلمه بكل مكان قال نعم على العرش و لايخلو منه مكان
Imam Ahmad bin Hambal pernah ditanyakan, “Apakah Allah ‘azza wa jalla berada di atas langit ketujuh, di atas ‘Arsy-Nya, terpisah dari makhluk-Nya, sedangkan kemampuan dan ilmu-Nya di setiap tempat (di mana-mana)?” Imam Ahmad pun menjawab, “Betul sekali. Allah berada di atas ‘Arsy-Nya, setiap tempat tidaklah lepas dari ilmu-Nya.
Abu Bakr Al Atsrom mengatakan bahwa Muhammad bin Ibrahim Al Qoisi mengabarkan padanya, ia berkata bahwa Imam Ahmad bin Hambal menceritakan dari Ibnul Mubarok ketika ada yang bertanya padanya,
كيف نعرف ربنا
“Bagaimana kami bisa mengetahui Rabb kami?” Ibnul Mubarok menjawab,
في السماء السابعة على عرشه
“Allah di atas langit yang tujuh, di atas ‘Arsy-Nya.” Imam Ahmad lantas mengatakan,
هكذا هو عندنا
“Begitu juga keyakinan kami.
--------------------------
__
https://www.facebook.com/
0 komentar:
Posting Komentar