-->

21 Agustus 2012

SIAPA BILANG SYAIKH AL-ALBANI TIDAK PUNYA GURU DAN SANAD...! (Bagian 2)




Ini salah satu Biografi Guru nya Imam al-Muhaddits Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullah.

Simak biografi nya...


Syaikh Raghib Ath-Thabakh Al-Halabi

(1293 H/ 1877 M – 1370 H/ 1951M)


Nama dan Nasab :

Beliau adalah Muhammad Raghib ibn Mahmud ibn Syaikh Hasyim At-Thabakh, biografinya terdapat dalam kitab ijazahnya yang dimiliki oleh Syaikh Kita Muhammad Nasiruddin Al-Albani yaitu ‘Al-Anwar Al-Jaliyah Fi Mukhtasar Al-Atsbat Al-Halabiyah’.

Beliau telah hatam Qur’an di umur yang masih kecil, kemudian beliau masuk ke Madrasah Al-Manshuriyah. Beliau termasuk murid yang cerdas dan dikenal banyak menghafal matan-matan kitab, seperti kitab al-Ajrumiyah, Maraqi Falah, Alfiyah Ibn Malik, Al-Baiquniyyah, As-Salam dalam mantiq, dan lain-lain dari berbagai matan kitab ilmu.


Diantara guru beliau adalah :


Dalam qiro’at :

Al-Allamah Syaikh Muhammad Afandi dan Syaikh Khalid, Al-Faqih Afandi Az-Zarqa, Syaikh Abdussalam Al-Kurdi, Syaikh Ahmad Al-Badawi, Syaikh Al-‘Adib Muhammad Ridha Al-Za’im, Syaikh Syihab Ahmad Ash-Sha’buni Al-Hamudi, Al-Allamah Muhammad Siroj dan lainnya, riwayat mereka terdapat dalam Tarikh Halab
karya Syaikh.

Dalam hadits : Al-Allamah Al-Muhadits Muhammad Syarifulhaq Al-Hindi, Al-Allamah Muhammad Ridho Al-Za’im, Syaikh Muhammad Khalid Al-Atasi, Syaikh Thahir ibn Shalih Al-Jazairi, Al-Allamah Badruddin Ad-Dimasyqi, Syaikh Muhammad Jafar Al-Katani, Syaikh Al-Musnad Muhammad Kamal Al-Habrawi Al-Halabi, Syaikh Sayyid

Abdul Hayy Al-Katani, Syaikh Yusuf An-Nabhani, Syaikh Habbibullah
Asy-Syanqithi, Al-Allamah Muhammad ‘Atha Al-Hanafi, Syaikh Abdus Sattar Ash-Shadiqi, Syaikh Abu Bakar Muhammad Arif Khauqir dan lainnya.

Diantara tulisannya :


1. ‘Alam An-Nubala bi Tarikh Halab,

2. Al-Anwar Al-Jaliyah Fi Mukhtasar Al-Atsbat Al-Halabiyah,
3. ‘Adhotul Abna’a Bi Tarikh Al-Anbiya,
4. Asy-Syaqafah Al-Islamiyah dan lainnya. Beliau juga aktif menulis dalam majalah-majalah Islam di Syam.


Murid beliau :


Beliau memiliki banyak murid yang membaca kepadanya di Madrasah Asy-Syar’iah di Halab yang mana beliau adalah pengajar dan mudir disana.


Diantara muridnya yang terkenal adalah Syaikh Abdul Fatah Abu Ghadah dan Syaikh Abdullah Shidiq al-Ghumari. Kedua orang muridnya ini kemudian dikenal sangat memusuhi salah satu murid

terbaiknya, Syaikh Muhammad Nasiruddin Al-Albani.

Ada kisah unik bahwa ternyata Syaikh Al-Albani tidak mendatangi Syaikh Raghib Thabakh tetapi Syaikh Raghib lah yang mendatanginya. Dahulu Ustadz Muhammad Al-Mubarak menceritakan kepada Syaikh Ath-Thabbakh tentang keberadaan seorang pemuda yang serius mempelajari ilmu-ilmu hadits dan keunggulan beliau dalam ilmu itu. Setelah Syaikh Ath-Thabakh mengecek kebenarannya, betapa kagumnya syaikh melihat Al-Albani yang waktu itu masih muda belia tapi pandai dalam ilmu hadits, sehingga beliau lalu memberi ijazah riwayat sebagai penghormatan dan pengakuan darinya [Ulama wa Mufakkiruun 'araftuhum karya Ustadz Muhammad Al-Majdzuub I/288], dan bukan pemuda Al-Albani yang memintanya.


Pada waktu itu Syaikh Raghib memberikan kitabnya, Al-Anwar Al-Jaliyyah fi Mukhtashar Al-Atsbat Al-Halabiyah dan ia bubuhi dengan ijazah-ijazahnya dari guru-gurunya. Antara keduanya memang ada kesamaan yaitu bahwa keduanya memiliki banyak koleksi manuskrif dalam hadits, fiqh, adab dan lainnya.


Wafatnya :

Syaikh meninggal pada bulan ramadhan tahun 1370 H di Halab.

Sumber :


Al-‘Alam – Az-Zarkili (6/123-124), Nasrul Zawahir

(3/1165- 1167)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.