-->

21 Agustus 2012

SIAPA BILANG SYAIKH AL-ALBANI TIDAK PUNYA GURU DAN SANAD...!




Ini salah satu Biografi Guru nya Imam al-Muhaddits Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullah.

Simak biografi nya...


Syaikh Al-Muhadits Muhammad Bahjah Al-Baithar

(1311 H/1894 M – 1396 H/1976 M)


Nasab dan kelahirannya


Beliau adalah Muhammad Bahjah Al-Baithar ibn Muhammad Baha’uddin ibn Abdul Ghani ibn Hasan ibn Ibrahim Asy-Syuhair Al-Baithar. Lahir tahun 1311 H atau 1894 M di Damaskus, ditengah keluarga ulama, yang memiliki adab dan takwa. Leluhurnya adalah orang-orang yang hijrah dari Al-Jazair.


Guru-gurunya

Beliau bertalaqi kepada bapaknya dan belajar di beberapa Madrasah Islam di Damaskus.
Diantara guru beliau adalah :
1. Ayahnya, Syaikh Muhammad Baha’uddin ibn Abdul Ghani
2. Paman ayahnya, Syaikh Abdurrazaq ibn Hasan ibn Ibrahim Al-Baithar (lihat biografinya dalam Al’Alam Al-Zarkili (3/351)).
3. Syaikh Jamaluddin al-Qasimi,
4. Syaikh Muhammad Khaidir Husain At-Tunisi
5. Syaikh Muhadits Al-Kabir Negeri Syam, Muhammad Badr al-Husaini
Beliau mendapatkan pengakuan (ijazah) dari mereka.

Dakwahnya

Syaikh Muhammad Al-Bahjah mengajar dan berkhutbah di beberapa mesjid sejak tahun 1328 H. Syaikh juga pernah mengikuti Muktmar al-‘Alam al-Islami di Mekkah tahun 1345 H. Di Muktamar itulah Syaikh berkenalan dengan Malik Abdul Aziz Alu Sa’ud (Raja Arab Saudi), beliau oleh sang raja diminta untuk mengajar di Ma’had Al-Ilmi’.

Tulisannya

Syaikh memiliki beberapa tulisan dan yang paling terkenal adalah tentang biografi Syaikhul Islam Ibn Taimiyah, ‘Hayatu Syaikhul Islam Ibnn Taimiyyah’ yang dicetak oleh Al-Maktab Al-Islami. Ada juga kitab ‘Al-Kautsari wa Ta’liqatah’, Rihlah An-Najdiyyah Al-Hijaziyah, Al-Islam wa Shohabat Al-Kiram Baina As-Sunnah wa Al-Syi’ah dan lainnya.

Murid-muridnya

Diantara murid beliau adalah :
1. Syaikh Al-Muhadits Nasiruddin Al-Albani (w. 1420 H), menjadi murid beliau lewat ijazah yang bersambung sampai Imam Ahmad, sebagaimana ditulis dalam karya Muhammad Asy-Syaibani. Ijazah ini hanya diberikan kepada mereka yang benar-benar ahli dalam hadits dan dapat dipercaya untuk membawakan hadits secara teliti.

2. Syaikh Abdul Qadir Al-Arna’uth (w. 1415 H), Syaikh Al-Baithar telah menyerahkan tugas sebagai imam dan pengajar di Mesjid Jami Asy-Syuriji di Madean kepada beliau. Ini adalah rekomendasi tertinggi dari beliau kepada Syaikh Abdul Qadir Al-Arna’uth.


3. Syaikh Abdullah ibn Abdul Ghani Al-Khayath (w. 1415 H), Imam Haram Al-Makki, pengganti Syaikh Abu Samah Abdul Dhahir sebagai Khatib, Imam dan Pengajar di Mesjidil Haram. Syaikh Abdullah Khayath menjadi murid Syaikh Bahjah ketika belajar di Ma’had Al-Ilmu As-Su’udi di Mekkah.


4. Dan lain-lain


Wafatnya

Syaikh Muhammad Bahjah Al-Baithar meninggal pada hari Sabtu tanggal 30 Jumaddil Awal tahun 1396 H (1976 M).

Sumber :

- Dza’il Al-‘Alam, Ahmad Al-Alawanah, hal. 167-168,
- ‘Itmam al-‘Alam, Dr. Nizar ‘Abathah/Muhammad Riyadh al-Mahi, hal. 224,
- Majalah Majma Al-Lughah Al-Arobi, Dimasyq, 1976 hal. 782-804
- Dan lain-lain.

Diposkan oleh Abu Abdillah As-Sundawi waktu 4/28/2008 09:23:00 PM

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.