-->

30 Agustus 2012

PERKATAAN MEREKA : "KALAU TIDAK MAU BID'AH, MAKA PERGI HAJI PAKAI ONTA SAJA !"



Kebanyakan, orang jahil, yang boleh jadi mereka itu ahlul bid'ah, pelaku bid'ah, ahlul hawa dll, bahkan orang awam tapi sudah berani bicara soal agama, mereka sering berkata sekitar perkataan ini kepada orang-orang yang berada diatas manhaj yang haq, di jalan yang lurus :

Mereka berkata :

"Kalian menganggap bahwa semua bid'ah itu dholalah (sesat), padahal kalian sendiri berbuat bid'ah, main FB, pake HP, pake Mikrofon buat adzan, naik haji pake pesawat..dll, yang semua itu tidak ada tuntunannya dalam Al Qur'an dan Hadits. Kalau mau gak bid'ah, maka sono..naik onta aja kalau pergi haji !"

MAKA KITA JAWAB :

Orang2 yang berkata seperti itu maka ia adalah orang JAHIL MURAKKAB (jahil kwadrat).
Semoga Allah memberi mereka hidayah diatas ilmu dan pemahaman yang benar.

Maka terhadap perkataan seperti itu, kita jawab dan kita berikan penjelasan :


Hukum sarana tergantung tujuan, pemakaian teknologi juga tergantung tujuan, apakah dipakai dalam perkara yang halal/jaiz atau yang haram. Tidak ada bid'ah dalam agama untuk perkara penemuan manusia yang terkait dengan terus berkembangnya peradaban dan teknologi. Termasuk metodologi dalam berdakwah.


Berdakwah merupakan ibadah, namun sarana yang dipakai untuk berdakwah bukanlah bid'ah menurut istilah agama, seperti penggunaan microphone untuk pengeras suara, email sebagai pengganti surat-menyurat, video ceramah dsb.

Dalam masalah dunia (peradaban dan teknologi), hukum asalnya adalah mubah (boleh), kecuali ada dalil yang melarang atau mengharamkannya.

Adapun bid'ah, ucapan itu telah disampaikan Rasulullah shallallahu 'alahi was salam, dimana dalam hadits beliau bersabda, potongan haditsnya adalah : "setiap bidah itu adalah sesat". Begitu juga yang dipahami oleh para sahabat, imam mazhab yang 4 dan ulama-ulama lain yang mengikuti Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dan para sahabatnya dengan baik.


Maka, Motor atau Mobil buat ke masjid, Pesawat terbang buat naik haji, Hand Phone, Komputer dan FB buat dakwah, kertas buat nulis Qur'an dan hadits, Sekolah Madrasah buat belajar agama, microphone di masjid buat khutbah dll adalah sarana/washillah untuk ibadah, BUKAN IBADAHNYA ITU SENDIRI.

Itu yang disebut dengan Mashlahatul Marsalah.

Sebab untuk urusan dunia, yang menyangkut ilmu pengetahuan, teknologi (apa saja), dan peradaban manusia, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda dalam peristiwa penyilangan serbuk sari kurma yang sangat masyhur :


“Kamu lebih mengetahui tentang berbagai urusan duniamu”. [Hadits ini terdapat dalam Shahih Muslim (1366)]


Jadi benda-benda yang disebutkan diatas itu adalah urusan dunia yang merupakan hasil kemajuan peradaban manusia secara umum dan pengembangan teknologi seiring dengan berjalannya waktu, yang mana orang kafir juga menggunakannya, dan tidak ada kaitannya dengan agama secara langsung.


Sesuatu yang berhubungan dengan masalah duniawi, itu bukanlah bid'ah yang dimaksud oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam.

Jadi , silahkan mau buat mikrofon masjid, pesawat buat pergi haji, software dll,

Akan tetapi yang Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallaam larang di sini adalah segala macam perkara baru dalam bentuk amalan/keyakinan agama dan syari'at, entah itu amalan-amalan (Fi'liyah) maupun Ucapan (Qouliyah) baik mengurangi atau menambahkan.


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

”Barang siapa yang mengada-adakan sesuatu amalan dalam urusan agama yang bukan datang dari kami (Allah dan Rasul-Nya), maka tertolaklah amalnya itu”. (SHAHIH, riwayat Muslim Juz 5,133)

dan sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam :

"Dan jauhilah olehmu hal-hal (ciptaan) yang baru (dalam agama). Maka sesungguhnya setiap hal (ciptaan) baru (dalam agama) itu adalah bid’ah, dan setiap bid’ah adalah sesat.” (HR Abu daud dan At-Tirmidzi, dia berkata Hadits hasan shahih).

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam juga bersabda :

"Aku wasiatkan kepada kalian untuk bertakwa kepada Allah, patuh dan taat walaupun dipimpin budak Habasyi, karena siapa yang masih hidup dari kalian maka akan melihat perselisihan yang banyak. Maka berpegang teguhlah kepada sunnahku dan sunnah pada Khulafaur Rasyidin yang memberi petunjuk berpegang teguhlah kepadanya dan gigitlah dia dengan gigi geraham kalian. Dan waspadalah terhadap perkara-perkara yang baru (yang diada-adakan) kepada hal-hal yang baru itu adalah kebid'ahan dan setiap kebid'ahan adalah kesesatan". [SHAHIH. HR.Abu Dawud (4608), At-Tirmidziy (2676) dan Ibnu Majah (44,43),Al-Hakim (1/97)]

Wallahu a'lam.
— 

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.