-->

25 Agustus 2012

SEPUTAR NAMA HABIL DAN QABIL

Tanda Tanya

Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk.
Ceritakanlah kepada mereka kisah kedua putera Adam (Habil dan Qabil) menurut yang sebenarnya, ketika keduanya mempersembahkan korban, Maka diterima dari salah seorang dari mereka berdua (Habil) dan tidak diterima dari yang lain (Qabil). ia berkata (Qabil): “Aku pasti membunuhmu!”. berkata Habil: “Sesungguhnya Allah hanya menerima (korban) dari orang-orang yang bertakwa”. QS. Al-Ma’idah: 27.
(Untuk mengetahui kisahnya ini dengan lengkap, silahkan baca surat al-Ma’idah ayat 27 sampai 31)
Banyak al-Qur’an terjemah yang menyebutkan bahwa kedua anak Adam ’alaiyssalam yang Allah firmankan pada ayat di atas bernama Habil dan Qabil, sebagaimana terjemahan di atas.
FAEDAH
Berkenan dengan penamaan tersebut Syaikh Salim bin Ied al-Hilali hafizhahullah berkomentar: ”Nama-nama anak Nabi Adam ’alaiyssalam tersebut diambil dari ahlul kitab, tidak ada satu (riwayat) pun tentang hal ini yang sah”. (Lihat catatan kaki kitab Shahih Qashash al-Anbiya, hal. 38).
Pada kesempatan lain beliau berkata (Bahjah an-Nazhirin, jilid 1, hal.260) : ”Keterangan tentang penamaan keduanya dengan Habil dan Qabil tidak ada asal usulnya dalam Syariat ini, penamaan tersebut berasal dari riwayat Israiliyat”.
KESIMPULAN
Dari keterangan Syaikh Salim di atas dapat kita simpulkan, bahwa penamaan kedua anak Adam dengan Habil dan Qabil tidak ada asal usulnya dalam agama Islam. Meskipun banyak kitab tafsir yang menyebutkan, namun yang benar bahwa itu semua berasal dari riwayat Israiliyat. Wallahu a’lam.
Semoga bermanfaat,
Wassalamu’alaikum,
*Di kutip dari majalah Adz-Dzakhiirah Vo.8 No.5 Edisi 47 – 1430H

0 komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.