-->

16 November 2012

MAKAN PAGI DARI DAGING KURBAN



Pertanyaan: Bolehkah orang yang berkurban makan pagi dari daging sembelihannya?
Jawaban Al-Lajnah Ad-Daimah, KSA:
Disunahkan bagi yang menyembelih untuk tidak makan sesuatu pun sampai shalat ‘Idul Adha kemudian menyembelih kurbannya. Setelah itu dia menjadikan daging sembelihan tersebut sebagai makanannya yang pertama dia makan, apabila hal ini mudah dilakukan. Ini adalah pendapat mayoritas ulama diantaranya: Ali radhiyallahu ‘anhu, Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Malik rahimahullahu, Syafi’i rahimahullahu dan yang lainnya.
At-Tirmidzi dan Al-Atsram [1] meriwayatkan dari sahabat Buraidah radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan, “Dahulu, biasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam tidak berangkat ke tanah lapang pada hari ‘Idul Fitri sampai beliau makan pagi. Beliau juga tidak makan pada Idul Adha sampai selesai shalat Idul Adha.” Dalam riwayat Al-Atsram, “Sampai beliau menyembelih kurbannya.”
Imam Ahmad rahimahullahu mengatakan, “Apabila ia ingin menyembelih maka jangan makan dahulu. Karena Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam makan dari sembelihan beliau. Tetapi apabila ia tidak berkurban, boleh baginya makan sebelum atau sesudah shalat Idul Adha.” Wallahu a’lam. (Al-Lajnah Ad-Daimah) 
Sumber: Majalah Tashfiyah edisi 09 vol. 01 1432 H-2011 M, hal. 44-46.

0 komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.