-->

20 November 2012

Hukum Bekam pada Hari Rabu dan Tanggal Tertentu

hijamah


Bismillah.
Kepada Al-Ustadz abu Muhammad Dzulqarnain
Ustadz, yang semoga Allah Ta’ala senantiasa menjagamu diatas manhaj Salaf yang penuh barokah ini.
Ana seorang dokter yang mempraktekkan hijamah (Bekam), akan tetapi ada beberapa hal yang sampai sekarang masih mengganjal karena belum memperoleh jawaban yang memuaskan.
Pada tanggal 17 Muharram tahun ini bertepatan dengan hari Rabu dan 19 Muharram bertepatan dengan hari Jum’at.
1. Bagaimana KEDUDUKAN HADITS tentang masalah larangan Bekam pada hari-hari tertentu sebagaimana dalam Shahih Sunan Ibnu Majah (II/261) dan hadits dalam kitab Kasyful Astaar ‘an Zawaaidil Bazaar, al Haitami (III/388)?
2. Bagaimana Hukum Membekam pada hari Rabu, Jum’at dan Sabtu karena dalam hadits diatas harus dihindari hari-hari tersebut, sedangkan pada hadits dari jalan Anas bin Malik yang diriwayatkan at-Tirmidzi (no.2052) Abu Dawud (no.3860) dan lainnya menyebutkan kebiasaan Rosulullah berbekam pada tanggal 17, 19 dan 21 (Bulan Qomariyah)?
Mana yang harus dipilih: Berbekam berdasarkan harinya (Rabu=utama dihindari) atau berdasarkan tanggalnya (tgl 17, yang juga hari rabu =utama dilakukan bekam)?
3. Bagaimana hukum mengambil upah/jasa dari membekam? dalam suatu hadits disebutkan bahwa upah dari pembekaman digandengkan dengan upah pelacur, dan hasil penjualan anjing.
Perlu diketahui bahwa setiap membekam diperlukan biaya untuk membeli bahan sekali pakai (pisau bedah, masker, sarung tangan, kasa, iodin,minyak zaitun & habbatus sauda, dll) Beberapa ahli hijamah ada yang menetapkan tarif 100-200 rb tiap sekali bekam.

Ana sangat membutuhkan jawaban dan mengambil istifadah dari jawaban antum.
Jazaakallaahu khairan katsiiran..
dr.Abu Hana
http://kaahil. wordpress. com
Jawaban Al-Ustadz abu Muhammad Dzulqarnain
Re: [nashihah] Tanya Masalah Hijamah (Bekam) ?
Bismillah,
1. Hadits riwayat Ibnu Majah yang antum sebutkan adalah dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma. Dalam Ash-Shohihah dan selainnya, Syaikh Al-Albany menghasankannya. Dalam takhrij misykah, beliau melemahkannya. Mungkin yang di Ash-Shohihah adalah akhir pembahasan beliau. Tapi ana lebih condong kepada hukum pelemahan. Karena asal hadits dari jalan Ibnu Umar terdapat bentuk nakarah yang tidak bisa menerima pendukung. Maka dua pendukung yang beliau sebutkan -salah satunya bisa sebagai syahid- tidaklah cukup untuk menguatkan hadits tersebut. Wallahu A’lam.
2. Hadits yang kedua dari hadits Anas bin Malik. Divonis dho’if jiddan (sangat lemah) oleh Syaikh Al-Albany dalam Adh-Dho’ifah no. 1864.
3. Hukum Hijamah bisa antum baca fatwa Syaikh Ahmad An-Najmi dalam risalah ilmiyah An-Nashihah.
Berikut Teks Syaikh Al-Albany dalam Kitab Adh-Dho’ifah no. 1864.

” من أراد الحجامة فليتحر سبعة عشر أو تسعة عشر أو إحدى و عشرين و لا يتبيغ بأحدكم الدم فيقتله”.
قال الألباني في ” السلسلة الضعيفة و الموضوعة ” 4 / 344 :
> ضعيف جدا <. قال ابن ماجة ( 2 / 351 ) :حدثنا سويد بن سعيد حدثنا عثمان بن مطر عن زكريا بن ميسرة عن النهاس بن قهم عن #أنس بن مالك # أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال :فذكره . قلت :و هذا إسناد ضعيف جدا كل من دون أنس ضعيف ,و بعضهم أشد ضعفا من بعض . الأول :النهاس بن قهم .قال الذهبي في “الضعفاء ” : “تركه القطان , و ضعفه النسائي “. و قال الحافظ في “التقريب “: ” ضعيف”. الثاني :زكريا بن ميسرة , قال الحافظ : ” مستور “. الثالث :عثمان بن مطر ,قال الذهبي : “ضعفوه “.و قال الحافظ :” ضعيف “.الرابع :سويد بن سعيد .قال الذهبي :قال أحمد :متروك الحديث . و قال ابن معين : كذاب ,و قال النسائي : ليس بثقة . و قال البخاري :كان قد عمي فلقن ما ليس من حديثه . و قال أبو حاتم : صدوق كثير التدليس . و قال الدارقطني :ثقة , غير أنه كبر , فربما قرىء عليه حديث فيه النكارة فيجيزه “.و قال الحافظ : ” صدوق في نفسه ,إلا أنه عمي فصار يتلقن ما ليس من حديثه ,و أفحش فيه ابن معين القول “.و من هذا البيان تعلم أن اقتصار البوصيري في “الزوائد “على إعلال الحديث بالنهاس فقط , قصور شديد . و قوله : “رواه الشيخان و أبو داود والترمذي من حديث أنس أيضا ,كما رواه ابن ماجة خلا قوله : “يتبيغ بأحدكم “إلى آخره .و رواه البزار في”مسنده ” من حديث ابن عباس ,كما رواه ابن ماجة .و رواه الحاكم في “المستدرك”من طريق معاذ عن أنس , و قال : صحيح على شرط الشيخين “.فيه أمور : أولا :أنه لم يخرجه الشيخان عن أنس أصلا . ثانيا :أنه عن أنس من فعله صلى الله عليه وسلم كما سبق التنبيه عليه في الحديث الذي قبله . ثالثا :أني لم أره في “المستدرك ” إلا من فعله صلى الله عليه وسلم ,و هو الذي ذكرت فيما قبله أنه مخرج في “الصحيحة ” ( 908 ) .و الله أعلم . قلت :لكن الحديث الذي قبله بمعناه , فينجو به من الضعف الشديد الذي دل عليه إسناده ,لكن قوله : “لخمس عشرة ” منكر , لتفرد الضعيف به كما تقدم , و الله أعلم .

0 komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.