-->

16 November 2012

CONTOH TEKS/NASKAH KULTUM, PIDATO, CERAMAH SINGKAT MENYAMBUT SHAUM/PUASA BULAN RAMADHAN

 Kumpulan Ceramah Ramadhan Terlengkap oleh Berbagai Ustadz


NASEHAT UNTUK KAUM MUSLIMIN MENYAMBUT BULAN RAMADHAN

Asy-Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baz rahimahullah
(mufti agung Saudi ‘Arabia)
بسم الله والحمد لله وصلى الله على رسول الله وعلى آله وأصحابه ومن اهتدى بهداه، أما بعد:
Sesungguhnya aku menasehatkan kepada saudaraku-saudaraku kaum muslimin di mana pun berada terkait dengan masuknya bulan Ramadhan yang penuh barakah tahun 1413 H ini [1] dengan taqwa kepada Allah ‘Azza wa Jalla, berlomba-lomba dalam seluruh bentuk kebaikan, saling menasehati dengan al haq, dan bersabar atasnya, at-ta’awun (saling membantu) di atas kebaikan dan taqwa, serta waspada dari semua perkara yang diharamkan Allah dan dari segala bentuk kemaksiatan di manapun berada. Terlebih lagi pada bulan Ramadhan yang mulia ini, karena ia adalah bulan yang agung. Amalan-amalan shalih pada bulan itu dilipatgandakan (pahalanya), dosa dan kesalahan akan terampuni bagi siapa saja yang berpuasa dan mendirikannya (dengan amalan-amalan kebajikan) dengan penuh keimanan dan rasa harap (akan keutamaan dari-Nya), berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam
مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ.
“Barangsiapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan rasa harap, maka akan diampunilah dosa-dosanya yang telah lalu. (HR. Al Bukhari 2014 dan Muslim 760)
Dan sabda beliau shallallahu ‘alaihi wasallam
إِذَا دَخَلَ رَمَضَانُ فُتِحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ جَهَنَّمَ، وَسُلْسِلَتِ الشَّيَاطِيْنُ.
Jika telah masuk bulan Ramadhan, pintu-pintu Al Jannah akan dibuka, pintu-pintu Jahannam akan ditutup, dan para syaitan akan dibelenggu. (HR. Al Bukhari 1899 dan Muslim 1079)
Dan sabda beliau shallallahu ‘alaihi wasallam :
الصِّيَامُ جُنَّةٌ ، فَإِذَا كَانَ يَوْمُ صَوْمِ أَحَدِكُمْ فَلاَ يَرْفُثْ وَلاَ يَجْهَلْ ، فَإِنْ سَابَّهُ أَحَدٌ أَوْ قَاتَلَهُ فَلْيَقُلْ : إِنِّيْ صَائِمٌ.
Puasa itu adalah perisai, jika salah seorang dari kalian sedang berpuasa, maka janganlah mengucapkan ucapan kotor, dan jangan pula bertindak bodoh, jika ada seseorang yang mencelanya atau mengganggunya, hendaklah mengucapkan: sesungguhnya aku sedang berpuasa. (HR. Al Bukhari 1904)
Dan sabda beliau shallallahu ‘alaihi wasallam
يَقُوْلُ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ: كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ لَهُ، الْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا، إِلاَّ الصِّيَامَ فَإِنَّهُ لِيْ وَأَنَا أَجْزِيْ بِهِ، تَرَكَ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ وَشَرَابَهُ مِنْ أَجْلِيْ، لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ، فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ، وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ، وَلَخُلُوْفُ فَمِ الصَّائِمِ عِنْدَ اللهِ أَطْيَبُ مِنْ رِيْحِ الْمِسْكِ.
Allah ‘Azza wa Jalla berfirman: Semua amalan anak Adam untuknya, setiap satu kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kali lipatnya, kecuali puasa, sesungguhnya ia untuk-Ku, Aku yang akan membalasnya. Karena seorang yang berpuasa telah meninggalkan syahwat, makan, dan minumnya karena Aku. Bagi seorang yang berpuasa akan mendapatkan dua kegembiraan: gembira ketika berbuka, dan gembira ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut seorang yang berpuasa itu di sisi Allah lebih wangi daripada minyak wangi misk. (HR. Al Bukhari 1904 dan Muslim 1151)
Dahulu Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam memberikan kabar gembira kepada para shahabatnya dengan masuknya bulan Ramadhan. Beliau Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda kepada mereka:
أتاكم شهر رمضان شهر بركة، ينزل الله فيه الرحمة، ويحط الخطايا، ويستجيب الدعاء، ويباهي الله بكم ملائكته ، فأروا الله من أنفسكم خيرا ؛ فإن الشقي من حرم فيه رحمة الله
Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang penuh barakah. Allah menurunkan padanya rahmah, menghapus kesalahan-kesalahan, mengabulkan do’a, dan Allah membanggakan kalian di hadapan para malaikat-Nya, maka perlihatkanlah kepada Allah kebaikan dari diri-diri kalian, sesungguhnya orang yang celaka adalah orang yang diharamkan padanya rahmat Allah. (Dalam Majma’ Az-Zawa`id Al-Haitsami menyebutkan bahwa hadits ini diriwayatkan oleh Ath-Thabarani dalam Al-Kabir)
Dan beliau ‘Alaihish Shalatu Wassalam bersabda:
من لم يدع قول الزور والعمل به والجهل ، فليس لله حاجة في أن يدع طعامه وشرابه
Barangsiapa yang tidak meninggalkan ucapan yang haram dan mengamalkannya, ataupun bertindak bodoh, maka Allah tidak butuh dengan upaya dia dalam meninggalkan makan dan minumnya. (HR Al Bukhari dalam Shahihnya).
Hadits-hadits tentang keutamaan bulan Ramadhan dan dorongan untuk memperbanyak amalan di dalamnya sangatlah banyak.
Maka aku juga mewasiatkan kepada saudara-saudaraku kaum muslimin untuk istiqmah pada siang dan malam-malam bulan Ramadhan dan berlomba-lomba dalam segala bentuk amalan kebaikan, di antaranya adalah memperbanyak qira’ah (membaca) Al Qur’anul Karim disertai dengan tadabbur (upaya mengkajinya) dan ta’aqqul (upaya memahaminya), memperbanyak tasbih, tahmid, tahlil, takbir, dan istighfar, serta memohon kepada Allah Al Jannah, berlindung kepada-Nya dari An Nar, dan do’a-do’a kebaikan yang lainnya.
Sebagaimana aku wasiatkan juga kepada saudara-saudaraku untuk memperbanyak shadaqah, membantu para fakir miskin, peduli untuk mengeluarkan zakat dan menyalurkannya kepada yang berhak menerimanya, disertai juga dengan kepedulian untuk berdakwah ke jalan Allah subhanahu, memberikan pengajaran kepada orang jahil, dan melakukan amar ma’ruf nahi mungkar dengan cara yang lembut, hikmah, dan metode yang baik, disertai juga dengan sikap hati-hati dari segala bentuk kejelekan, dan senantiasa bertaubat dan istiqmah di atas al-haq dalam rangka mengamalkan firman-Nya subhanahu:
وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung. (An Nur: 31)
Dan firman-Nya ‘Azza wa Jalla :
إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ . أُولَئِكَ أَصْحَابُ الْجَنَّةِ خَالِدِينَ فِيهَا جَزَاءً بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ
Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: Rabb kami adalah Allah, kemudian mereka tetap istioqamah maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada pula berduka cita. Mereka itulah penghuni-penghuni Al Jannah, mereka kekal di dalamnya, sebagai balasan atas apa yang telah mereka kerjakan. (Al Ahqaf: 13-14)
Mudah-mudahan Allah memberikan taufiq bagi semuanya kepada perkara-perkara yang diridhai-Nya, dan mudah-mudahan Allah melindungi semuanya dari kesesatan (yang disebabkan) fitnah dan gangguan-gangguan setan. Sesungguhnya Dia Maha Dermawan lagi Maha Mulia.
————————————————————————————————
[1] Nasehat ini disampaikan pada 1413 H. namun karena isi nasehat ini tidak pernah kadaluwarsa dan senantiasa relevan maka kami tampilkan kembali meskipun sudah berlalu sekitar 19 tahun yang lalu
Sumber : http://www.darussalaf.or.id/stories.php?id=1550

>>>> Kajian MP3, Artikel, dll dari http://www.ilmoe.com/ :

Kumpulan ceramah ilmiyah yang membahas fiqih Ramadhan, Sholat Tarawih, Hari Raya Iedul Fitri, Zakat Fitrah dan Zakat Mal, serta berbagai tanya jawab terkait puasa ramadhan yang disampaikan oleh berbagai asatidz yang InsyaAllah sangat bermanfaat.

BULLETIN BISA UNTUK MATERI KULTUM RAMADHAN 2012

—————————————


Pengantar Ringkas Fikih Ramadhan oleh Al Ustadz Muhammad Na’im Lc

Pengantar_Ringkas_Fiqh_Ramadhan_AlUstadzMuhammadNaimLc_1.mp3 (11.7MB)Pengantar Ringkas Fiqh Ramadhan Al Ustadz Muhammad Naim Lc_1.mp3, 11.7MB, Mp3, 30th August 2009
Pengantar_Ringkas_Fiqh_Ramadhan_AlUstadzMuhammadNaimLc_2.mp3 (7.5MB)Pengantar Ringkas Fiqh Ramadhan Al Ustadz Muhammad Naim Lc_2.mp3, 7.5MB, Mp3, 30th August 2009

Pembahasan Fikih Puasa dari Kitab Puasa Shahih Bukhari oleh Al Ustadz Dzulqarnain

05 Fiqh Puasa Shohih Bukhori.zip (14.6MB)05 Fiqh Puasa Shohih Bukhori.zip, 14.6MB, Zip, 29th May 2009
06 Fiqh Puasa Shohih Bukhori.zip (9.2MB)06 Fiqh Puasa Shohih Bukhori.zip, 9.2MB, Zip, 29th May 2009
07 Fiqh Puasa Shohih Bukhori.zip (10.7MB)07 Fiqh Puasa Shohih Bukhori.zip, 10.7MB, Zip, 29th May 2009
10 Fiqh Puasa Shohih Bukhori.zip (13.9MB)10 Fiqh Puasa Shohih Bukhori.zip, 13.9MB, Zip, 29th May 2009
11 Fiqh Puasa Shohih Bukhori.zip (8MB)11 Fiqh Puasa Shohih Bukhori.zip, 8MB, Zip, 29th May 2009
12 Fiqh Puasa Shohih Bukhori.zip (8.7MB)12 Fiqh Puasa Shohih Bukhori.zip, 8.7MB, Zip, 29th May 2009
13 Fiqh Puasa Shohih Bukhori.zip (3.8MB)13 Fiqh Puasa Shohih Bukhori.zip, 3.8MB, Zip, 29th May 2009
14 Fiqh Puasa Shohih Bukhori.zip (10.1MB)14 Fiqh Puasa Shohih Bukhori.zip, 10.1MB, Zip, 29th May 2009
15 Fiqh Puasa Shohih Bukhori.zip (15.9MB)15 Fiqh Puasa Shohih Bukhori.zip, 15.9MB, Zip, 30th May 2009
16 Fiqh Puasa Shohih Bukhori.zip (7.5MB)16 Fiqh Puasa Shohih Bukhori.zip, 7.5MB, Zip, 30th May 2009
17 Fiqh Puasa Shohih Bukhori.zip (8.9MB)17 Fiqh Puasa Shohih Bukhori.zip, 8.9MB, Zip, 30th May 2009
18 Fiqh Puasa Shohih Bukhori.zip (2.6MB)18 Fiqh Puasa Shohih Bukhori.zip, 2.6MB, Zip, 30th May 2009
19 Fiqh Puasa Shohih Bukhori.zip (8.9MB)19 Fiqh Puasa Shohih Bukhori.zip, 8.9MB, Zip, 30th May 2009

Pembahasan Kitab Munakholah Nunniyah karya Syaikh Muroodi Sukry oleh Al Ustadz Askary Al Bugisi

07._BAB._Zakaatul_Fitr_140204_Qc-Ust_Asykari.zip (2.8MB) 07._Bab_Zakaatul_Fitri Al Ustadz Asykari.zip (2.8MB, 14th January 2010)
08._Hukum_zakat_fitr_dengan_uang,waktu_pengeluaran_zakatul_fitr_190204_Qc-Ust_Asykari.zip (2MB) 08._Hukum_Zakat_Fitr_dengan_uang, waktu_pengeluaran_zakat_fitri (2MB, 14th January 2010)
09._KITAABUSH_SHIYAM__Puasa__240204_Qc-Ust_Asykari.zip (2MB) 09. Kitab Ash Shiyam Puasa Al Ustadz Asykari.zip, 2MB, Zip, 14th January 2010

Bedah Buku Panduan Puasa Ramadhan dan Indahnya Shalat Malam plus Tanya Jawab dan ebook gratis oleh Al Ustadz Dzulqarnain

1.-Bedah-Buku-Panduan-Puasa-Ramadhan-Ustadz-Dzul-www.an-nashihah.net.mp3 (9.8MB) 1.-Bedah-Buku-Panduan-Puasa-Ramadhan-Ustadz-Dzul-www.an-nashihah.net.mp3 (9.8MB, 9th August 2010)
2.-Bedah-Buku-Panduan-Puasa-Ramadhan-Ustadz-Dzul-www.an-nashihah.net.mp3 (9.4MB) 2.-Bedah-Buku-Panduan-Puasa-Ramadhan-Ustadz-Dzul-www.an-nashihah.net.mp3 (9.4MB, 9th August 2010)
3.-Bedah-Buku-Indahnya-Shalat-Malam-Ustadz-Dzul-www.an-nashihah.net.mp3 (11.4MB) 3.-Bedah-Buku-Indahnya-Shalat-Malam-Ustadz-Dzul-www.an-nashihah.net.mp3 (11.4MB, 9th August 2010)
4.-Bedah-Buku-Indahnya-Shalat-Malam-Ustadz-Dzul-www.an-nashihah.net.mp3 (6.8MB) 4.-Bedah-Buku-Indahnya-Shalat-Malam-Ustadz-Dzul-www.an-nashihah.net.mp3 (6.8MB, 9th August 2010)
5.-Bedah-Buku-Tanya-Jawab-Indahnya-Shalat-Malam-www.an-nashihah.net.mp3 (916.4KB) 5.-Bedah-Buku-Tanya-Jawab-Indahnya-Shalat-Malam-www.an-nashihah.net.mp3 (916.4KB, 9th August 2010)
Indahnya-Shalat-Malam-(Tuntunan-Qiyamul-Lail-dan-Sholat-Tarawih).pdf (285.9KB) Indahnya-Shalat-Malam-(Tuntunan-Qiyamul-Lail-dan-Sholat-Tarawih).pdf (285.9KB, 29th August 2010)
Panduan-Puasa-Ramadhan-di-Bawah-Naungan-Al-Qur'an-dan-As-Sunnah.pdf (232.3KB) Panduan-Puasa-Ramadhan-di-Bawah-Naungan-Al-Qur’an-dan-As-Sunnah.pdf (232.3KB, 29th August 2010)


Bedah Buku Keajaiban Lailatul Qadr Malam Seribu Bulan oleh Al Ustadz Dzulqarnain

1.-Bedah-Buku-Keajaiban-Lailatul-Qadr---Ustadz-Dzulqarnain---www.an-nashihah.net.mp3 (13.3MB) 1.-Bedah-Buku-Keajaiban-Lailatul-Qadr—Ustadz-Dzulqarnain—www.an-nashihah.net.mp3(13.3MB, 29th August 2010)
2.-_Tanya-Jawab_-Bedah-Buku-Keajaiban-Lailatul-Qadr---Ustadz-Dzulqarnain---www.an-nashihah.net.mp3 (2.8MB) 2.-_Tanya-Jawab_-Bedah-Buku-Keajaiban-Lailatul-Qadr—Ustadz-Dzulqarnain—www.an-nashihah.net.mp3 (2.8MB, 29th August 2010)


Pembahasan Kitab Durarul Bahiyah Dauroh Fiqh Nasional Makassar I oleh Al Ustadz Dzulqarnain

18. Puasa, Pembatal-Pembatal Puasa, Mengqadha Puasa, Puasa Sunnah, I'tikaf - www.an-nashihah.net.mp3 (12.9MB)18. Puasa, Pembatal-Pembatal Puasa, Mengqadha Puasa, Puasa Sunnah, I’tikaf – www.an-nashihah.net.mp3, 12.9MB, Mp3, 4th April 2010

Kajian Seputar Haidh dan Puasa bersama Al Ustadz Ibnu Yunus Makassar

Fiqh-Haid-dan-Nifas-11.-Hukum2-Haid---Hukum-Berpuasa.mp3 (4.4MB) Fiqh-Haid-dan-Nifas-11.-Hukum2-Haid—Hukum-Berpuasa.mp3 (4.4MB, 24th June 2011)
lebih lengkapnya di Lebih dari 50 MB)” /> Fiqih-Haid-dan-Nifas (Lebih dari 50 MB, 27th June 2011)


Kajian Seputar Puasa bersama Asatidz Jakarta dan sekitarnya

BolehkahMenalanLudahKetikaPuasa_UstadzAbdulBarr.mp3 (18KB)Bolehkah Menalan Ludah Ketika Puasa Ustadz Abdul Barr.mp3, 18KB, Mp3, 5th May 2010
MembayarFidyahAtauMenqadhaBagiWanitaHamil_UstadzAbdulBarr.mp3 (157.5KB) Membayar Fidyah Atau Menqadha Bagi Wanita Hamil_Ustadz Abdul Barr .mp3 (157.5KB, 5th May 2010)
HukumMeninggalkanJamaahDitengahShalatTarawih11atau23RakaatBerlangsung.mp3 (474.1KB) Hukum Meninggalkan Jamaah Ditengah Shalat Tarawih 11 atau 23 Rakaat Berlangsung .mp3(474.1KB, 5th May 2010)
TuntunanBerpuasaRamadhan_UstadzMuhammadYahya.mp3 (4.1MB)Tuntunan Berpuasa Ramadhan Ustadz Muhammad Yahya.mp3, 4.1MB, Mp3, 5th May 2010
 Nasihat_Akhir_Ramadhan_1431H_AlUstadz_Abdul_Barr.mp3 (5.8MB)
 Khutbah Jumat Tentang Ramadhan oleh Al Ustadz Abu Hamzah Yusuf Al Atsariy.mp3 (5MB)

Fikih Ramadhan Untuk Muslimah oleh Al Ustadz Ali Basuki

FiqhRamadhanUtkMuslimah_UstadzAliBasuki.mp3 (3.6MB)Fiqh Ramadhan Utk Muslimah Ustadz Ali Basuki.mp3, 3.6MB, Mp3, 5th May 2010
FiqhRamadhanUtkMuslimahTanyaJawab_UstadzAliBasuki.mp3 (1.7MB)Fiqh Ramadhan Utk Muslimah Tanya Jawab Ustadz Ali Basuki.mp3, 1.7MB, Mp3, 5th May 2010

Ebook atau Buletin Seputar Puasa Ramadhan, Shalat Tarawih, Puasa Syawal

Fatwa-Syakh-Muqbil-Ramadhan.zip (43.8KB)Fatwa Syakh Muqbil Ramadhan.zip, 43.8KB, Zip, 15th August 2009
tuntunanramadhanV1.2.zip (84.5KB)Tuntunan Ramadhan V1.2.zip, 84.5KB, Zip, 15th August 2009
SeputarTarawihDanWitir.zip (66.1KB)Seputar Tarawih Dan Witir.zip, 66.1KB, Zip, 15th August 2009
Panduan Puasa Ramadhan di Bawah Naungan Al Qur ‘an dan As Sunnah pdf
Buletin istiqomah ke 36 – Adab Menjalankan Puasa Ramadhan pdf
Buletin istiqomah ke 40 – Puasa Enam Hari di Bulan Syawal pdf
Link di bawah ini menuju artikel yang sama
persiapan ramadhan, ceramah bulan ramadhan, ceramah ramadhan, persiapan puasa, materi ceramah ramadhan, ceramah bulan puasa, persiapan puasa ramadhan, PERSIAPAN BULAN RAMADHAN, kumpulan ceramah ramadhan 2010, ceramah puasa, persiapan ramadhan 2010, kajian ramadhan, kumpulan ceramah bulan ramadhan, persiapan romadhon, bulan ramadhan, materi puasa ramadhan, fiqih puasa ramadhan, materi pondok romadhon, kumpulan ceramah, kumpulan pidato bulan ramadhan,
sumber :
http://www.ilmoe.com/1436/kumpulan-kajian-persiapan-puasa-bulan-ramadhan-tarawih-witir.html

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.