-->

17 September 2012

KISAH IBADAH HAJI NABI MUSA ‘ALAIHISSALAM



Imam Ahmad rahimahullah, dari Ibnu 'Abbas radhiyallahu 'anhuma bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah melewati lembah Azraq (biru), lalu beliau bertanya: "Lembah apa ini? " Mereka (para Shahabat radhiyallahu 'anhum) menjawab: "Lembah Azraq (biru)." Beliau bersabda: "Seakan-akan aku melihat Musa 'alaihissalam, dan dia sedang turun dari ats-Tsaniyyah, dan ia berdo'a kepada Allah dengan bertalbiyah. " Sampai beliau shallallahu 'alaihi wasallam sampai ke Tsaniyatu Harsyaa', lalu beliau bertanya: "Tsaniyah apa ini? " Mereka menjawab: Tsaniyatu Harsyaa' " Beliau bersabda: "Seakan-akan aku melihat Yunus bin Mata 'alaihissalam berada di atas unta merah, ia memakai jubah dari wol, tali kakang untanya sangat menarik, dan ia dalam keadaan bertalbiyah." (Diriwayatkan juga oleh Imam Muslim 160 dari hadits Dawud bin Abi Hind dengan jalur ini)

Imam Ahmad rahimahullah meriwayatkan dari Mujahid, dia bercerita, kami pernah berada bersama Ibnu 'Abbas radhiyallahu 'anhuma, mereka menyebut-nyebut Dajjal. Mujahid rahimahullah mengatakan: "Sesungguhnya di antara matanya tertulis ka-fa-ra (kafir). "Dia bertanya: "Apa yang mereka katakan? "Dia menjawab: "Mereka mengatakan: 'Tertulis di antara kedua matanya ka-fa-ra' " Maka Ibnu 'Abbas radhiyallahu 'anhuma mengatakan: "Aku belum pernah mendengar beliau (Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam) mengatakan hal tersebut. Hanya saja beliau pernah bersabda: 'Adapun Ibrahim, maka perhatikanlah Sahabat kalian ini (maksudnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam). Sedangkan Musa 'alaihissalam adalah laki-laki berkulit sawo matang, rambut keriting, dan biasa mengendarai unta berwarna merah yang ditarik dengan tali yang dikalungkan pada hidungnya, seolah-olah aku meihatnya turun di sebuah lembah dengan membaca talbiyah."

Hasyim mengatakan: "Al-Khilbah berarti al-liif yaitu, serabut atau serat."

Imam Ahmad rahimahullah meriwayatkan dalam al-Musnad 1/245 dan 249, dan juga al-Bukhari 3239 serta Muslim 166 dari Abul 'Aliyah, telah mengabarkan kepada kami paman Nabi kalian, Ibnu 'Abbas radhiyallahu 'anhuma dia bercerita, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Pada malam Isra' Mi'raj aku melihat Musa bin 'Imran 'alaihissalam adalah seorang laki-laki yang berkulit coklat, tinggi dan keriting (rambutnya). Seakan-akan dia salah seorang dari suku Syanu'ah. Aku juga melihat 'Isa bin Maryam 'alaihissalam tidak tinggi dan tidak pendek (pertengahan), berkulit putih kemerahan, dengan rambut lurus."

Imam Ahmad rahimahullah dalam al-Musnad II/282, dan juga al-Bukhari 3394 serta Muslim 168 juga meriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, dia bercerita, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda –ketika beliau isra' mi'raj: "Aku sempat bertemu Musa 'alaihissalam. " Lalu beliau mensifatinya: "Dia adalah seorang laki-laki –perawi berkata:'Aku kira beliau berkata: (perawi ragu-ragu)- berperawakan besar, berambut ikal bergelombang, seakan-akan beliau adalah seorang dari suku Syanu-ah. Aku juga bertemu dengan 'Isa bin Maryam 'alaihissalam.' Lalu beliau mensifatinya:"Dia seorang yang tidak terlau tinggi juga tidak terlalu pendek, berkulit merah, seakan-akan dia baru keluar dari tempat pemandian." Beliau shallallahu 'alaihi wasallam juga bersabda: "Aku juga melihat Ibrahim 'alaihissalam, dan aku lebih mirip dengannya."

HadiTs-hadits mengenai hal tersebut telah kami kemukakan dalam pembahasan tentang ciri-ciri Nabi Ibrahim Shalawaatullah 'alaihi wa salaamuhu.

(Sumber: Kisah Shahih Para Nabi, Syaikh Salim al-Hilali hafizhahullah, edisi Indonesia. Pustaka Imam asy-Syafi’i hal 327-328 dengan sedikit gubahan. Diposting oleh Abu Yusuf  Sujono)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.