Syaikh Utsaimin dihujat
Para penentang dakwah Ahlussunnah menuduh Syaikh Muhammad bin Sholih al-Utsaimin telah mengkafirkan al-Imam anNawawy dan al-Hafidz Ibnu Hajar al-โAsqolaany. Hal itu tertuang dalam tulisan pada salah satu blog yang berjudul: โDaurah Kitab Salafy: Syaikh Utsaimin Kafirkan Imam Nawawi dan Ibnu Hajarโ. InsyaAllah akan tersingkap nantinya bahwa tuduhan tersebut adalah dusta.
Mereka menukil pernyataan Syaikh al-Utsaimin dalam Liqaaโ Baabul Maftuuh, kemudian menerjemahkan secara salah, serta memberi kesimpulan secara salah pula.
Kesalahan Menerjemahkan:
Blog penentang Ahlussunnah tersebut menerjemahkan tanya jawab itu sebagai berikut:
โGarisan kuning: Soalan penanya : โSbgmana kita menjadikan al-Nawawi dan Ibn Hajar al-Asqalani kedua-duanya bukan dari Ahli Sunnah Wal Jamaah?
Jawapan : โBerdasarkan kepada apa yang dimazhabkan (diputuskan) pendapat mereka di dalam isu-isu perbahasan Nama-nama dan Sifat-Sifat Allah, kedua-dua mereka bukan dari Ahli Sunnah Wal Jamaah (kafir).โ
Soalan susulan : โSecara mutlak, mereka bukan dari Ahli Sunnah Wal Jamaah?
Jawapan : โKita tidak menjadikannya secara mutlak. Saya beritahu anda bahawa barangsiapa yang menyanggahi golongan al-Salaf dalam memahami Sifat Allah tidak diberi gelaran mutlak bahawa ia bukan dari Ahli Sunnah Wal Jamaah. Bahkan ditaqyidkanโฆhingga bila dikatakan dia (seseorang itu) Ahli Sunnah Wal Jamaah (mungkin) dari sudut feqhiyyah contohnya. Adapun jika tareqat (metodologinya) itu bidโah..ia bukan dari Ahli Sunnah Wal Jamaah.โ
Bantahan:
Kita simak terjemahan penentang dakwah Ahlussunnah tersebut, ia menerjemahkan penjelasan Syaikh alUtsaimin sebagai berikut:
โBerdasarkan kepada apa yang dimazhabkan (diputuskan) pendapat mereka di dalam isu-isu perbahasan Nama-nama dan Sifat-Sifat Allah, kedua-dua mereka bukan dari Ahli Sunnah Wal Jamaah (kafir).โ
Mereka menyatakan bahwa โbukan dari Ahli Sunnah Wal Jamaahโ sama dengan โkafirโ. Padahal, bukan Ahlussunnah Wal Jamaah tidak berarti ia secara otomatis adalah kafir, sebagaimana nanti akan kami nukilkan penjelasan secara panjang lebar dari Syaikh al-Utsaimin sendiri pada kitab yang lain. Apalagi, jika ketergelinciran tersebut bersumber dari kesalahan ijtihad, sedangkan mereka berdua (Ibnu Hajar dan anNawawi) adalah Ulamaโ yang kapasitas keilmuannya sudah menyampaikan mereka pada taraf mujtahid. Kalaupun suatu ucapan adalah kebidโahan, tidak secara otomatis pengucapnya menjadi ahlul bidโah. Sebagaimana ucapan kekufuran, tidak secara otomatis menjadikan pengucapnya menjadi orang kafir.
Kesalahan Menyimpulkan
Para penentang dakwah Ahlussunnah tersebut kemudian salah menyimpulkan. Kami nukilkan kesimpulan mereka terhadap tanya jawab tersebut:
Wahhabi ini yg bernama Muhammad Soleh Uthaimien menyatakan bahawa IMAM IBNU HAJAR AL-ASQOLANY ( PENGARANG FATHUL BARI SYARAH SOHIH BUKHARY) DAN JUGA IMAM NAWAWI ( PENGARANG SYARAH SOHIH MUSLIM) KATA WAHHABI : NAWAWI DAN IBNU HAJAR ADALAH PEMBUAT KESESATAN DAN NAWAWI SERTA IBNU HAJAR BERAQIDAH SESAT DAN MEREKA BERDUA ADALAH BUKAN AHLUSUNNAH ATAU KAFIR !!.
Bantahan:
Subhaanallah! Sungguh keji ucapan tersebut. Bagaimana mereka bisa menyimpulkan bahwa Syaikh alUtsaimin telah menyatakan bahwa anNawawi dan Ibnu Hajar adalah pembuat kesesatan, beraqidah sesat, bukan ahlussunnah sehingga menjadi kafir?!
Kesimpulan yang salah itu bersumber dari pemahaman Dien yang kurang dan salah terhadap prinsip-prinsip Ahlussunnah. Termasuk, ketidaktahuan mereka terhadap Syaikh al-Utsaimin. Mereka juga membaca pernyataan Syaikh Muhammad bin Sholih alUtsaimin tersebut didasari dengan kebencian dan antipati terlebih dahulu. Hal itu menyebabkan mereka tidak bersikap adil, yang ada adalah penilaian terhadap hawa nafsu. Jika mereka memiliki keinginan yang ikhlas mengetahui makna penjelasan Syaikh al-Utsaimin yang ringkas dan global di suatu tempat, semestinya mereka bersemangat untuk mencari penjelasan beliau pada kitab beliau yang lain yang lebih rinci untuk mendapatkan gambaran secara utuh bagaimana sebenarnya sikap beliau terhadap Imam anNawawi dan Ibnu Hajar.
Syaikh Muhammad bin Sholih al-Utsaimin sangat menghormati Imam anNawawi dan Ibnu Hajar al-โAsqolaany. Beliau senantiasa mendoakan rahmat Allah bagi mereka berdua.
Bahkan, terhadap Imam anNawawi, beliau menyatakan sebagai seorang Ulamaโ yang ikhlas mengharapkan kebenaran, terbukti dengan diterimanya secara luas karya โ karya beliau di kalangan kaum muslimin. Syaikh alUtsaimin juga mensyarah kitab al-โArbain anNawawiyah dan Riyaadus Sholihin karya anNawawi.
Keindahan kitab Riyaadus Sholihin menjadi semakin bersinar dengan syarah Syaikh al-Utsaimin yang membuat pembacanya mengarungi samudera ilmu dan hikmah yang luas. Bagi yang belum menikmati keindahan itu, silakan mencobanya. Bahkan, bagi yang telah membacanya pada suatu kesempatan, menjadi ketagihan untuk membacanya di waktu yang lain. Silakan bandingkan dengan syarh Riyaadus Sholihin yang lain, anda akan mendapati keistimewaan tersendiri yang menakjubkan.
Syaikh Muhammad bin Sholih al-Utsaimin adalah seorang faqih, memiliki ilmu Dien yang dalam dan luas, serta kokoh dalam prinsip-prinsip Ahlussunnah Wal Jamaah. Tidaklah beliau menafsir suatu ayat atau mensyarah suatu hadits melainkan kita akan takjub dengan berlimpah faidah yang beliau singkap dan dipetik dalam nash-nash tersebut. Penguraian makna-makna kalimat pada suatu ayat dan penjelasan secara gamblang keterkaitannya dengan ayat-ayat yang lain, menunjukkan sisi kesamaan beliau dengan Syaikh Muhammad al-Amien asy-Syinqithy rahimahullah. Istinbath yang dalam terhadap suatu ayat, deskripsi yang runtut, sistematis, dan menyingkap sisi-sisi yang kurang jelas pada kosakata ayat, seakan mengingatkan pembacanya pada Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Saโdi rahimahullah. Memang, beliau berdua adalah mufassir yang merupakan guru Syaikh al-Utsaimin, yang memberikan pengaruh yang dalam terhadap beliau.
Jangan heran, jika anda menyimak suatu hadits yang disyarah Syaikh al-Utsaimin, anda tidak akan sekedar mendapat faidah ilmiah dalam satu bidang saja. Satu hadits, dalam syarh beliau, akan memancarkan kandungan-kandungan manfaat dalam bidang tauhid, akhlaq, fiqh, tafsir, maupun bidang-bidang yang lain. Kebanyakan kitab-kitab beliau yang telah dipublikasikan adalah transkrip rekaman ceramah beliau yang disusun dalam tulisan.
Syaikh Muhammad bin Sholih al-Utsaimin sama sekali tidak menyatakan bahwa Imam anNawawi maupun Ibnu Hajar sebagai ahlul bidโah, apalagi kafir. Bahkan Syaikh alUtsaimin berharap dan mendoakan agar ketergelinciran beliau berdua dalam hal takwil terhadap Asmaโ Was Sifat tertutupi, dimaafkan, dan diampuni oleh Allah, karena mereka berdua telah banyak berbuat kebaikan dan pembelaan terhadap Sunnah Nabi shollallaahu โalaihi wasallam. Namun, Ahlussunnah tidaklah fanatik buta terhadap siapapun. Sebagaimana ahlussunnah tidak fanatik pada Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah, tidak pula mengklaim bahwa beliau tidak pernah salah dalam pendapatnya, demikian pula sikap Ahlussunnah terhadap para Ulama lain, di antaranya Imam anNawawi dan Ibnu Hajar al-โAsqolaany. Bagi ahlussunnah, kebenaran adalah hal utama yang lebih didahulukan. Kesalahan atau ketergelinciran harus dijelaskan dan diluruskan. Namun, jika itu terkait dengan Ulamaโ disampaikan secara beradab tidak dalam bentuk celaan, diiringi mendoakan rahmat dan ampunan untuk beliau.
Untuk menunjukkan bagaimana sikap Syaikh al-Utsaimin sebenarnya terhadap al-Imam anNawawi dan Ibnu Hajar tersebut, kami akan nukilkan penjelasan beliau dalam 2 kitab yang lain, yaitu Syarh al-Arbain anNawawiyah dan Kitabul Ilmi. Para pembaca akan dapat meraup faidah-faidah ilmiyah lain, terutama manhaj Ahlussunnah terhadap masalah pembidโahan, pemfasiqan, dan pengkafiran. Akan terlihat bahwa Ahlussunnah bukanlah takfiriyyin yang mudah mengkafirkan sesama muslim.
Dalam kitab Syarh al-โArbain anNawawiyah, Syaikh Muhammad bin Sholih alUtsaimin menjelaskan:
ููุญู ูุคู ู ุจุฃู ูู ุจุฏุนุฉ ุถูุงูุฉุ ุซู ูุฐู ุงูุถูุงูุงุช ุชููุณู ุฅูู: ุจุฏุน ู ููุฑุฉุ ูุจุฏุน ู ูุณูุฉ ุ ูุจุฏุน ูุนุฐุฑ ูููุง ุตุงุญุจูุง. ูููู ุงูุฐู ูุนุฐุฑ ุตุงุญุจูุง ูููุง ูุง ุชุฎุฑุฌ ุนู ููููุง ุถูุงูุฉุ ูููู ูุนุฐุฑ ุงูุฅูุณุงู ุฅุฐุง ุตุฏุฑุช ู ูู ูุฐู ุงูุจุฏุนุฉ ุนู ุชุฃููู ูุญุณู ูุตุฏ.
ูุฃุถุฑุจ ู ุซูุงู ุจุญุงูุธูู ู ุนุชู ุฏูู ู ูุซูููู ุจูู ุงูู ุณูู ูู ููู ุง: ุงููููู ูุงุจู ุญุฌุฑ ุฑุญู ูู ุง ุงููู ุชุนุงูู .
ูุงููููู : ูุง ูุดู ุฃู ุงูุฑุฌู ูุงุตุญุ ูุฃู ูู ูุฏู ุตุฏู ูู ุงูุฅุณูุงู ุ ููุฏู ูุฐูู ูุจูู ู ุคููุงุชู ุญุชู ุฅูู ูุง ุชุฌุฏ ู ุณุฌุฏุงู ู ู ู ุณุงุฌุฏ ุงูู ุณูู ูู ุฅูุง ูููุฑุฃ ููู ูุชุงุจ ( ุฑูุงุถ ุงูุตุงูุญูู )
ููุฐุง ูุฏู ุนูู ุงููุจููุ ููุง ุดู ุฃูู ูุงุตุญุ ููููู โ ุฑุญู ู ุงููู โ ุฃุฎุทุฃ ูู ุชุฃููู ุขูุงุช ุงูุตูุงุช ุญูุซ ุณูู ูููุง ู ุณูู ุงูู ุคููุฉุ ููู ูููู: ุฅู ุงูุฑุฌู ู ุจุชุฏุนุ
ูููู: ูููู ุจุฏุนุฉ ููู ูู ุบูุฑ ู ุจุชุฏุนุ ูุฃูู ูู ุงูุญูููุฉ ู ุชุฃููุ ูุงูู ุชุฃูู ุฅุฐุง ุฃุฎุทุฃ ู ุน ุงุฌุชูุงุฏู ููู ุฃุฌุฑุ ูููู ูุตูู ุจุฃูู ู ุจุชุฏุน ููููุฑ ุงููุงุณ ู ููุ ูุงูููู ุบูุฑ ุงููุงุฆูุ ููุฏ ูููู ุงูุฅูุณุงู ููู ุฉ ุงูููุฑ ููุง ูููุฑ.
ุฃุฑุฃูุชู ุงูุฑุฌู ุงูุฐู ุฃุถู ุฑุงุญูุชู ุญุชู ุฃูุณ ู ููุงุ ูุงุถุทุฌุน ุชุญุช ุดุฌุฑุฉ ููุชุธุฑ ุงูู ูุชุูุฅุฐุง ุจุงููุงูุฉ ุนูู ุฑุฃุณูุ ูุฃุฎุฐ ุจูุง ููุงู ู ู ุดุฏุฉ ุงููุฑุญ:ุงูููู ุฃูุช ุนุจุฏู ูุฃูุง ุฑุจูุููุฐู ุงูููู ุฉ ููู ุฉ ููุฑ ููู ูู ูู ูููุฑุูุงู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู : โุฃูุฎุทูุฃู ู ูู ุดูุฏููุฉู ุงูููุฑูุญโ . ุฃุฑุฃูุชู ุงูุฑุฌู ููุฑู ุนูู ุงูููุฑ ูููุงู ุฃู ูุนูุงู ููู ูููุฑุ
ุงูุฌูุงุจ:ูุงุ ุงูููู ููุฑ ูุงููุนู ููุฑ ููู ูุฐุง ุงููุงุฆู ุฃู ุงููุงุนู ููุณ ุจูุงูุฑ ูุฃูู ู ูุฑู.
ุฃุฑุฃูุชู ุงูุฑุฌู ุงูุฐู ูุงู ู ุณุฑูุงู ุนูู ููุณู ููุงู ูุฃููู: ุฅุฐุง ู ุช ูุฃุญุฑูููู ูุฐุฑููููู ูู ุงููู ูู โ ุฃู ุงูุจุญุฑ โ ููุงููู ูุฆู ูุฏุฑ ุงููู ุนูู ููุนุฐุจูู ุนุฐุงุจุงู ู ุง ุนุฐุจู ุฃุญุฏุงู ู ู ุงูุนุงูู ููุ ุธู ุฃูู ุจุฐูู ููุฌู ู ู ุนุฐุงุจ ุงูููุ ููุฐุง ุดู ูู ูุฏุฑุฉ ุงููู ุนุฒู ูุฌูุ ูุงูุดู ูู ูุฏุฑุฉ ุงููู ููุฑุ ูููู ูุฐุง ุงูุฑุฌู ูู ูููุฑ.
ุฌู ุนู ุงููู ุนุฒู ูุฌู ูุณุฃูู ูู ุงุฐุง ุตูุนุช ูุฐุงุ ูุงู: ู ุฎุงูุชู. ููู ุฑูุงูุฉ ุฃุฎุฑู: ู ู ุฎุดูุชูุ ูุบูุฑ ุงููู ูู.
ุฃู ุง ุงูุญุงูุธ ุงูุซุงูู:ููู ุงุจู ุญุฌุฑ- ุฑุญู ู ุงููู โ ูุงุจู ุญุฌุฑ ุญุณุจ ู ุง ุจูุบ ุนูู ู ู ุชุฐุจุฐุจ ูู ุงููุงูุนุ ุฃุญูุงูุงู ูุณูู ู ุณูู ุงูุณููุ ูุฃุญูุงูุงู ูู ุดู ุนูู ุทุฑููุฉ ุงูุชุฃููู ุงูุชู ูู ูู ูุธุฑูุง ุชุญุฑูู.
ู ุซู ูุฐูู ุงูุฑุฌููู ูู ูู ูู ุฃู ููุฏุญ ูููู ุงุ
ุฃุจุฏุงูุ ููููุง ูุง ููุจู ุฎุทุฃูู ุงุ ุฎุทุคูู ุง ุดูุก ูุงุฌุชูุงุฏูู ุง ุดูุก ุขุฎุฑ.
ุฃููู ูุฐุง ูุฃูู ูุจุชุช ูุงุจุชุฉ ูุจู ุณูุชูู ุฃู ุซูุงุซ ุชูุงุฌู ูุฐูู ุงูุฑุฌููู ูุฌูู ุงู ุนูููุงูุ ูุชููู: ูุฌุจ ุฅุญุฑุงู ูุชุญ ุงูุจุงุฑู ูุฅุญุฑุงู ุดุฑุญ ุตุญูุญ ู ุณูู ุ -ุฃุนูุฐ ุจุงููู- ููู ูุฌุฑุค ุฅูุณุงู ุนูู ูุฐุง ุงูููุงู ุ ูููู ุงูุบุฑูุฑ ูุงูุฅุนุฌุงุจ ุจุงูููุณ ูุงุญุชูุงุฑ ุงูุขุฎุฑูู.
ูุงูุจุฏุนุฉ ุงูู ููุฑุฉ ุฃู ุงูู ูุณูุฉ ูุง ูุญูู ุนูู ุตุงุญุจูุง ุฃูู ูุงูุฑ ุฃู ูุงุณู ุญุชู ุชููู ุนููู ุงูุญุฌุฉุ ูููู ุงููู ุชุนุงูู: (ููู ูุง ููุงูู ุฑูุจูููู ู ููููููู ุงููููุฑูู ุญูุชููู ููุจูุนูุซู ููู ุฃูู ููููุง ุฑูุณูููุงู ููุชูููู ุนูููููููู ู ุขููุงุชูููุง ููู ูุง ูููููุง ู ูููููููู ุงููููุฑูู ุฅููููุง ููุฃูููููููุง ุธูุงููู ูููู) (ุงููุตุต:59)
ููุงู ุนุฒู ูุฌู: ( ููู ูุง ูููููุง ู ูุนูุฐููุจูููู ุญูุชููู ููุจูุนูุซู ุฑูุณูููุงู)(ุงูุงุณุฑุงุก: ุงูุขูุฉ15) ููู ูุงู ุงูุฅูุณุงู ูููุฑ ููู ูู ุชูู ุนููู ุงูุญุฌุฉ ููุงู ูุนุฐุจุ ููุงู ุนุฒู ูุฌู: (ุฑูุณููุงู ู ูุจูุดููุฑูููู ููู ูููุฐูุฑูููู ููุฆููููุง ููููููู ููููููุงุณู ุนูููู ุงูููููู ุญูุฌููุฉู ุจูุนูุฏู ุงูุฑููุณููู )(ุงููุณุงุก: ุงูุขูุฉ165) ูุงูุขูุงุช ูู ูุฐู ูุซูุฑุฉ.
ูุนูููุง ุฃู ูุชุฆุฏ ูุฃู ูุง ูุชุณุฑุนุ ูุฃู ูุง ูููู ูุดุฎุต ุฃุชู ุจุจุฏุนุฉ ูุงุญุฏุฉ ู ู ุขูุงู ุงูุณูู ุฅูู ุฑุฌู ู ุจุชุฏุน.
ููู ูุตุญ ุฃู ููุณุจ ูุฐูู ุงูุฑุฌููู ูุฃู ุซุงููู ุง ุฅูู ุงูุฃุดุงุนุฑุฉุ ููููู: ูู ุง ู ู ุงูุฃุดุงุนุฑุฉุ
ุงูุฌูุงุจ:ูุงุ ูุฃู ุงูุฃุดุงุนุฑุฉ ููู ู ุฐูุจ ู ุณุชูู ูู ููุงู ูู ุงูุฃุณู ุงุก ูุงูุตูุงุช ูุงูุฅูู ุงู ูุฃุญูุงู ุงูุขุฎุฑุฉ.
ูู ุง ุฃุญุณู ู ุง ูุชุจู ุฃุฎููุง ุณูุฑ ุงูุญูุงูู ุนู ุง ุนูู ู ู ู ุฐูุจูู ุ ูุฃู ุฃูุซุฑ ุงููุงุณ ูุง ูููู ุนููู ุฅูุง ุฃููู ู ุฎุงูููู ููุณูู ูู ุจุงุจ ุงูุฃุณู ุงุก ูุงูุตูุงุชุ ูููู ููู ุฎูุงูุงุช ูุซูุฑุฉ.
ูุฅุฐุง ูุงู ูุงุฆู ุจู ุณุฃูุฉ ู ู ู ุณุงุฆู ุงูุตูุงุช ุจู ุง ููุงูู ู ุฐูุจูู ููุง ูููู: ุฅูู ุฃุดุนุฑู
ุฃุฑุฃูุชู ูู ุฃู ุฅูุณุงูุงู ู ู ุงูุญูุงุจูุฉ ุงุฎุชุงุฑ ูููุงู ููุดุงูุนูุฉ ููู ูููู ุฅูู ุดุงูุนูุ
ุงูุฌูุงุจ:ูุง ูููู ุฅูู ุดุงูุนู.
ูุงูุชุจููุง ููุฐู ุงูู ุณุงุฆู ุงูุฏูููุฉุ ููุง ุชุชุณุฑุนูุงุ ููุง ุชุชูุงูููุง ุจุงุบุชูุงุจ ุงูุนูู ุงุก ุงูุณุงุจููู ูุงููุงุญูููุ ูุฃู ุบูุจุฉ ุงูุนุงูู ููุณุช ูุฏุญุงู ูู ุดุฎุตู ููุทุ ุจู ูู ุดุฎุตู ูู ุง ูุญู ูู ู ู ุงูุดุฑูุนุฉุ ูุฃูู ุฅุฐุง ุณุงุก ุธู ุงููุงุณ ููู ูุฅููู ูู ููุจููุง ู ุง ูููู ู ู ุดุฑูุนุฉ ุงูููุ ูุชููู ุงูู ุตูุจุฉ ุนูู ุงูุดุฑูุนุฉ ุฃูุซุฑ.
ุซู ุฅููู ุณุชุฌุฏูู ููู ุงู ูุณูููู ูุฐุง ุงูู ุณูู ุงูู ุดูู ูุนูููู ุจูุตุญูู ุ ูุฅุฐุง ูุฌุฏ ูููู ู ู ูุณุงูู ู ูุทูู ูู ุงูููู ูู ุงูุนูู ุงุก ูุงูุตุญูู ูุญุฐุฑูู ูููููุง ูู: ุงุชู ุงูููุ ุฃูุช ูู ุชูุชูุนูุจููุฏ ุจูุฐุงุ ูู ุง ุงููุงุฆุฏุฉ ู ู ุฃู ุชููู ููุงู ููู ููุงู ูููุ ุจู ูู: ูุฐุง ุงูููู ููู ูุฐุง ููุฐุง ุจูุทุน ุงููุธุฑ ุนู ุงูุฃุดุฎุงุต.
ููู ูุฏ ูููู ู ู ุงูุฃูุถู ุฃู ูุฐูุฑ ุงูุดุฎุต ุจู ุง ููู ูุฆูุง ูุบุชุฑ ุงููุงุณ ุจูุ ููู ูุง ุนูู ุณุจูู ุงูุนู ูู ููุฐุง ูู ุงูู ุฌุงูุณุ ูุฃูู ููุณ ูู ุฅูุณุงู ุฅุฐุง ุฐูุฑุช ุงูููู ูููู ุงููุงุฆูุ ูุฐูุฑ ุงููุงุฆู ุฌุงุฆุฒ ุนูุฏ ุงูุถุฑูุฑุฉุ ูุฅูุง ูุงูู ูู ุฅุจุทุงู ุงูููู ุงูุจุงุทูุ ูุงููู ุงูู ููู.
)ุดุฑุญ ุงูุฃุฑุจุนูู ุงูููููุฉ :1ุธ 267-270 ุญุฏูุซ 28)
โโฆMaka kita beriman bahwa semua bidโah adalah sesat. Kemudian, kesesatan-kesesatan ini terbagi menjadi: bidโah yang menyebabkan kafir (pelakunya), bidโah yang menyebabkan fasiq (pelakunya), dan bidโah yang pelakunya dimaafkan. Akan tetapi, meskipun pelakunya dimaafkan, hal itu tidak mengeluarkan perbuatannya dari kesesatan. Seseorang dimaafkan jika bidโah ini muncul karena takwil dan niat yang baik.
Saya akan berikan suatu contoh, dengan dua Hafidz yang banyak dijadikan rujukan, yang terpercaya, di antara kaum muslimin, yaitu: AnNawawi dan Ibnu Hajar, semoga Allah Taโala merahmati keduanya. Imam anNawawi, kita tidak meragukan bahwa beliau adalah seorang yang nasih (ikhlas mengharapkan kebaikan), bahwa beliau telah melakukan kebaikan dalam Islam. Hal yang menunjukkan hal itu adalah diterimanya karya-karya tulis beliau (di tengah umat), sampai-sampai anda tidak akan mendapati masjid kaum muslimin kecuali dibacakan padanya kitab Riyaadus Sholihin. Ini menunjukkan penerimaan (terhadap karya beliau). Tidak diragukan lagi, beliau adalah ikhlas mengharapkan kebaikan, akan tetapi beliau -semoga Allah merahmatinya-, salah dalam hal menakwilkan ayat-ayat Sifat, yaitu beliau menempuh metode para pentakwil. Apakah kemudian kita katakan bahwa beliau seorang Ahlul bidโah?
Kita katakan: ucapannya adalah bidโah, namun beliau bukanlah Ahlul bidโah. Karena beliau secara hakikat adalah seorang pentakwil. Seorang pentakwil jika salah dalam ijtihadnya, maka ia mendapat 1 pahala. Bagaimana bisa kita sifatkan beliau sebagai Ahlul bidโah dan menjauhkan umat dari beliau? (Sikap terhadap) ucapan tidak sama dengan (sikap terhadap) orang yang mengucapkan. Kadangkala seseorang mengucapkan kalimat kekufuran, namun ia tidak bisa dikafirkan (dianggap kafir).
Bagaimana pendapat kalian terhadap seorang laki-laki yang kehilangan hewan tunggangannya sampai putus asa darinya, kemudian ia duduk di bawah pohon menunggu mati, ternyata tiba-tiba hewan itu berada di (dekat) kepalanya. Kemudian ia mengambil (tali kekang)nya dan berseru karena terlampau gembira: โYa Allah, Engkau adalah hambaku, dan aku adalah Tuhanmu! โ. Kalimat ini (yang diucapkannya) adalah kalimat kekufuran, akan tetapi ia tidak bisa dikafirkan, karena Nabi shollallaahu โalaihi wasallam bersabda: โDia keliru karena sangat gembiraโ (H.R Muslim). Bagaimana pendapatmu dengan seseorang yang dipaksa untuk mengucapkan atau melakukan kekufuran, apakah ia dikafirkan (dianggap kafir)?
Jawabannya adalah : Tidak! Ucapannya adalah kekufuran, perbuatannya adalah kekufuran akan tetapi orang yang mengucapkan atau orang yang melakukannya tidaklah kafir, karena ia dipaksa.
Bagaimana pendapatmu dengan seorang laki-laki yang melampaui batas terhadap dirinya, kemudian dia berkata kepada keluarganya: โJika aku meninggal bakarlah jasadku, dan tebarkan abunya di lautanโ. Demi Allah, jika Allah mampu (berbuat terhadap)ku, niscaya Ia akan menyiksaku dengan siksa yang tidak pernah dilakukan oleh siapapunโ(HR alBukhari). Ia menyangka bahwa dengan itu ia akan selamat dari adzab Allah. Itu adalah keraguan terhadap Kemahakuasaan Allah Azza Wa Jalla. Sedangkan keraguan terhadap Kemahakuasaan Allah adalah kekufuran. Akan tetapi orang tersebut tidak dikafirkan. Allah mengumpulkan (serpihan tubuhnya) dan bertanya kepadanya:โ Mengapa engkau melakukan hal ini?โ. Orang tersebut mengatakan: karena takut (khouf) kepadaMu. Dalam riwayat lain: karena takut (khosy-yah) kepadaMu. Kemudian Allah mengampuninya.
Sedangkan al-Hafidz yang kedua: Ibnu Hajar, semoga Allah merahmati beliau. Berdasarkan pengetahuan saya, Ibnu Hajar dalam kebimbangan. Kadang beliau menempuh metode Salaf, kadang beliau mengikuti metode takwil, yang sebenarnya jika kita lihat adalah tahrif (penyimpangan makna). Untuk semisal 2 orang ini (AnNawawi dan Ibnu Hajar) apakah mungkin bagi kita untuk mencelanya?
Tidak mungkin. Akan tetapi kita tidak menerima kesalahan mereka berdua. Kesalahan mereka berdua adalah suatu hal, sedangkan ijtihad mereka berdua adalah hal lain.
Saya katakan ini, karena sekitar 2 atau 3 tahun yang lalu dua (Ulamaโ) ini diserang dengan serangan yang kasar. Ada orang yang mengatakan: Wajib membakar Fathul Baari dan Syarh Shohih Muslim. โAudzu billah!! (Aku berlindung kepada Allah). Bagaimana mungkin seseorang bisa seberani itu mengucapkan kalimat. Akan tetapi itu adalah tipuan, merasa bangga terhadap diri sendiri dan meremehkan orang lain.
Sedangkan bidโah mukaffirah (yang mengkafirkan), dan bidโah mufassiqah (yang menjadikan fasiq), kita tidak menghukumi pelakunya sebagai orang kafir atau fasiq sampai kita telah menegakkan hujjah terhadapnya. Berdasarkan firman Allah Taโala:
(ููู ูุง ููุงูู ุฑูุจูููู ู ููููููู ุงููููุฑูู ุญูุชููู ููุจูุนูุซู ููู ุฃูู ููููุง ุฑูุณูููุงู ููุชูููู ุนูููููููู ู ุขููุงุชูููุง ููู ูุง ูููููุง ู ูููููููู ุงููููุฑูู ุฅููููุง ููุฃูููููููุง ุธูุงููู ูููู) (ุงููุตุต:59)
Dan tidak adalah Tuhanmu membinasakan kota-kota, sebelum Dia mengutus di ibukota itu seorang rasul yang membacakan ayat-ayat Kami kepada mereka; dan tidak pernah (pula) Kami membinasakan kota-kota; kecuali penduduknya dalam keadaan melakukan kezaliman (Q.S alQoshshosh:59)
Dan Firman Allah Azza Wa Jalla:
ููู ูุง ูููููุง ู ูุนูุฐููุจูููู ุญูุชููู ููุจูุนูุซู ุฑูุณูููุงู
โDan tidaklah Kami mengadzab, hingga mengutus Rasulโ (Q.S al-Israaโ:15)
Kalau seandainya seorang bisa dikafirkan meskipun belum tegak hujjah atasnya, niscaya ia diadzab. Dan Allah Azza Wa Jalla berfirman:
ุฑูุณููุงู ู ูุจูุดููุฑูููู ููู ูููุฐูุฑูููู ููุฆููููุง ููููููู ููููููุงุณู ุนูููู ุงูููููู ุญูุฌููุฉู ุจูุนูุฏู ุงูุฑููุณููู
โ Para Rasul sebagai pemberi kabar gembira dan pemberi peringatan, supaya manusia tidak memiliki hujjah terhadap Allah setelah diutusnya para Rasulโ (Q.S anNisaaโ:165). Dan ayat-ayat tentang hal ini (masih) banyak.
Maka hendaknya kita bersikap tenang dan tidak tergesa-gesa, dan hendaknya kita tidak mengatakan kepada seseorang yang melakukan satu bidโah dibandingkan ribuan Sunnah (yang ia kerjakan) sebagai seorang ahlul bidโah. Apakah boleh kita menyebut dua orang Ulamaโ ini dan yang semisalnya sebagai al-โAsyaairoh? Sehingga kita katakan dia sebagai al-โAsyaa-iroh?
Jawabannya adalah: Tidak. Karena al-โAsyairoh adalah madzhab tersendiri. Ia memiliki spesifikasi dalam (keyakinan) tentang Asmaโ WasSifaat, Iman, dan kehidupan di akhirat. Sungguh baik apa yang ditulis oleh saudara kami Safar al-Hawaly tentang hal yang diketahuinya seputar madzhab mereka (al-โAsyaa-iroh). Karena kebanyakan manusia tidaklah memahami keadaan mereka (al-โAsyaa-iroh) kecuali (sekedar) penyimpangan mereka terhadap Salaf dalam Asmaโ WasSifat. Tetapi (sebenarnya) mereka memiliki penyimpangan yang banyak.
Jika ada seseorang yang berkata dengan (hanya) satu masalah dalam Asmaโ WasSifat yang sesuai dengan madzhab mereka (al-โAsyaairoh), kita tidak mengatakan bahwa orang itu adalah Asy-โariy. Bagaimana pendapatmu jika ada seseorang bermadzhab Hanbali yang memilih satu ucapan asy-Syaafiโiyah, apakah kita katakan dia sebagai Syafiโi? Jawabannya adalah: Tidak.
Maka perhatikan masalah-masalah yang butuh kecermatan ini. Janganlah kalian tergesa-gesa. Janganlah bermudah-mudahan dalam ghibah terhadap para Ulama yang terdahulu maupun yang ada setelahnya. Karena sesungguhnya ghibah terhadap seorang โalim bukanlah celaan terhadap pribadinya semata, namun celaan terhadap pribadi sekaligus syariat yang diembannya. Karena jika manusia berburuk sangka terhadapnya, mereka tidak akan menerima ucapannya (termasuk) dalam hal yang terkait syariat Allah. Sehingga jadilah musibah yang lebih besar terhadap syariat.
Kemudian kalian nanti akan mendapati sekelompok orang yang menempuh jalan yang buruk ini (ghibah terhadap Ulamaโ). Hendaknya kalian menasehati mereka. Jika kalian mendapati seseorang yang mengucapkan ucapan (buruk) terhadap Ulamaโ, nasehatilah ia, peringatkanlah kepada dia, dan ucapkan: Bertakwalah kepada Allah, engkau tidaklah beribadah (kepada Allah) dengan cara seperti ini. Apa manfaatnya kalian katakan bahwa Fulan demikian dan demikian. Tapi hendaknya katakan: ucapan ini (memiliki kesalahan demikian dan demikian) tanpa menyebutkan orang yang mengucapkannya.
Akan tetapi, kadangkala lebih utama menyebutkan keadaan pribadi seseorang agar manusia tidak tertipu dengannya. Tetapi tidak secara umum dalam berbagai majelis. Karena tidak semua orang, jika engkau sebutkan sebuah ucapan, menjadi paham siapa yang mengucapkannya. Maka menyebutkan siapa orang yang mengucapkan adalah diperbolehkan dalam kondisi darurat. Akan tetapi yang terpenting adalah menjelaskan kebatilan suatu ucapan yang batil. Allahlah Pemberi Taufiq. (Syarh al-Arbaโin anNawawiyah juz 1 halaman 267-270, penjelasan Syaikh Muhammad bin Sholih alUtsaimin terhadap hadits yang ke-28).
Untuk semakin memperjelas dan memberikan manfaat yang lebih banyak, kita bisa menyimak penjelasan Syaikh Muhammad bin Sholih al-โUtsaimin dalam Kitabul โIlmi juz 1 halaman 148-150 saat beliau menjawab pertanyaan:
ุณุฆู ุงูุดูุฎ ุบูุฑ ุงููู ูู: ู ุง ููููู ููู ุง ูุญุตู ู ู ุงูุจุนุถ ู ู ูุฏุญ ูู ุงูุญุงูุธูู ุงููููู ูุงุจู ุญุฌุฑ ูุฃููู ุง ู ู ุฃูู ุงูุจุฏุนุ ููู ุงูุฎุทุฃ ู ู ุงูุนูู ุงุก ูู ุงูุนููุฏุฉ ููู ูุงู ุนู ุงุฌุชูุงุฏ ูุชุฃููู ููุญู ุตุงุญุจู ุจุงูุทูุงุฆู ุงูู ุจุชุฏุนุฉุ ููู ููุงู ูุฑู ุจูู ุงูุฎุทุฃ ูู ุงูุฃู ูุฑ ุงูุนูู ูุฉ ูุงูุนู ููุฉุ
ูุฃุฌุงุจ ูุถููุชู ุจูููู:
ุฅู ุงูุดูุฎูู ุงูุญุงูุธูู โุงููููู ุงุจู ุญุฌุฑโ ููู ุง ูุฏู ุตุฏู ูููุน ูุจูุฑ ูู ุงูุฃู ุฉ ุงูุฅุณูุงู ูุฉ ููุฆู ููุน ู ููู ุง ุฎุทุฃ ูู ุชุฃููู ุจุนุถ ูุตูุต ุงูุตูุงุช ุฅูู ูู ุบู ูุฑ ุจู ุง ููู ุง ู ู ุงููุถุงุฆู ูุงูู ูุงูุน ุงูุฌู ุฉ ููุง ูุธู ุฃู ู ุง ููุน ู ููู ุง ุฅูุง ุตุงุฏุฑ ุนู ุงุฌุชูุงุฏ ูุชุฃููู ุณุงุฆุบ ู ููู ูู ุฑุฃููู ุง ุ ูุฃุฑุฌู ุงููู ุชุนุงูู ุฃู ูููู ู ู ุงูุฎุทุฃ ุงูู ุบููุฑ ูุฃู ูููู ู ุง ูุฏู ุงู ู ู ุงูุฎูุฑ ูุงูููุน ู ู ุงูุณุนู ุงูู ุดููุฑ ูุฃู ูุตุฏู ุนูููู ุง ููู ุงููู ุชุนุงูู: {ุฅูููู ุงููุญูุณูููุงุชู ููุฐูููุจููู ุงูุณูููููุฆูุงุชู} [ููุฏ: 114]. ูุงูุฐู ูุฑู ุฃููู ุง ู ู ุฃูู ุงูุณูุฉ ูุงูุฌู ุงุนุฉุ ููุดูุฏ ูุฐูู ุฎุฏู ุชูู ุง ูุณูุฉ ุฑุณููู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ูุญุฑุตูู ุง ุนูู ุชูููุชูุง ู ู ุง ููุณุจ ุฅูููุง ู ู ุงูุดูุงุฆุจุ ูุนูู ุชุญููู ู ุง ุฏูุช ุนููู ู ู ุฃุญูุงู ูููููู ุง ุฎุงููุง ูู ุขูุงุช ุงูุตูุงุช ูุฃุญุงุฏูุซูุง ุฃู ุจุนุถ ุฐูู ุนู ุฌุงุฏุฉ ุฃูู ุงูุณูุฉ ุนู ุงุฌุชูุงุฏ ุฃุฎุทุฆุง ูููุ ููุฑุฌู ุงููู ุชุนุงูู ุฃู ูุนุงู ููู ุง ุจุนููู.
ูุฃู ุง ุงูุฎุทุฃ ูู ุงูุนููุฏุฉ: ูุฅู ูุงู ุฎุทุฃ ู ุฎุงูููุง ูุทุฑูู ุงูุณููุ ููู ุถูุงู ุจูุง ุดู ูููู ูุง ูุญูู ุนูู ุตุงุญุจู ุจุงูุถูุงู ุญุชู ุชููู ุนููู ุงูุญุฌุฉุ ูุฅุฐุง ูุงู ุช ุนููู ุงูุญุฌุฉุ ูุฃุตุฑ ุนูู ุฎุทุฆู ูุถูุงููุ ูุงู ู ุจุชุฏุนูุง ููู ุง ุฎุงูู ููู ุงูุญูุ ูุฅู ูุงู ุณูููููุง ููู ุง ุณูุงูุ ููุง ููุตู ุจุฃูู ู ุจุชุฏุน ุนูู ูุฌู ุงูุฅุทูุงูุ ููุง ุจุฃูู ุณููู ุนูู ูุฌู ุงูุฅุทูุงูุ
ุจู ููุตู ุจุฃูู ุณููู ููู ุง ูุงูู ุงูุณููุ ู ุจุชุฏุน ููู ุง ุฎุงูููู ุ ูุง ูุงู ุฃูู ุงูุณูุฉ ูู ุงููุงุณู: ุฅูู ู ุคู ู ุจู ุง ู ุนู ู ู ุงูุฅูู ุงูุ ูุงุณู ุจู ุง ู ุนู ู ู ุงูุนุตูุงูุ ููุง ูุนุทู ุงููุตู ุงูู ุทูู ููุง ูููู ุนูู ู ุทูู ุงููุตูุ ููุฐุง ูู ุงูุนุฏู ุงูุฐู ุฃู ุฑ ุงููู ุจูุ ุฅูุง ุฃู ูุตู ุงูู ุจุชุฏุน ุฅูู ุญุฏ ูุฎุฑุฌู ู ู ุงูู ูุฉ ูุฅูู ูุง ูุฑุงู ุฉ ูู ูู ูุฐู ุงูุญุงู.
ูุฃู ุง ุงููุฑู ุจูู ุงูุฎุทุฃ ูู ุงูุฃู ูุฑ ุงูุนูู ูุฉ ูุงูุนู ููุฉ: ููุง ุฃุนูู ุฃุตูุง ููุชูุฑูู ุจูู ุงูุฎุทุฃ ูู ุงูุฃู ูุฑ ุงูุนูู ูุฉ ูุงูุนู ููุฉ ููู ูู ุง ูุงู ุงูุณูู ู ุฌู ุนูู -ููู ุง ูุนูู - ุนูู ุงูุฅูู ุงู ูู ุงูุฃู ูุฑ ุงูุนูู ูุฉ ุงูุญูููุฉ ูุงูุฎูุงู ูููุง ุฅูู ุง ูู ูู ูุฑูุน ู ู ุฃุตูููุง ูุง ูู ุฃุตูููุง ูุงู ุงูู ุฎุงูู ูููุง ุฃูู ุนุฏุฏูุง ูุฃุนุธู ููู ูุง
. ููุฏ ุงุฎุชูู ุงูุณูู ูู ุดูุก ู ู ูุฑูุน ุฃุตูููุง ูุงุฎุชูุงููู ุ ูู ุฑุฃู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ุฑุจู ูู ุงูููุธุฉ ูุงุฎุชูุงููู ูู ุงุณู ุงูู ูููู ุงููุฐูู ูุณุฃูุงู ุงูู ูุช ูู ูุจุฑูุ ูุงุฎุชูุงููู ูู ุงูุฐู ููุถุน ูู ุงูู ูุฒุงู ุฃูู ุงูุฃุนู ุงู ุฃู ุตุญุงุฆู ุงูุฃุนู ุงู ุฃู ุงูุนุงู ูุ ูุงุฎุชูุงููู ูู ูููู ุนุฐุงุจ ุงููุจุฑ ุนูู ุงูุจุฏู ูุญุฏู ุฏูู ุงูุฑูุญุ
ูุงุฎุชูุงููู ูู ูุณุฃู ุงูุฃุทูุงู ูุบูุฑ ุงูู ููููู ูู ูุจูุฑูู ุ ูุงุฎุชูุงููู ูู ุงูุฃู ู ุงูุณุงุจูุฉ ูุณุฃููู ูู ูุจูุฑูู ูู ุง ุชุณุฃู ูุฐู ุงูุฃู ุฉุ ูุงุฎุชูุงููู ูู ุตูุฉ ุงูุตุฑุงุท ุงูู ูุตูุจ ุนูู ุฌููู ุ ูุงุฎุชูุงููู ูู ุงููุงุฑ ุชููู ุฃู ู ุคุจุฏุฉุ ูุฃุดูุงุก ุฃุฎุฑู ูุฅู ูุงู ุงูุญู ู ุน ุงูุฌู ููุฑ ูู ูุฐู ุงูู ุณุงุฆูุ ูุงูุฎูุงู ูููุง ุถุนูู.
ููุฐูู ูููู ูู ุงูุฃู ูุฑ ุงูุนู ููุฉ ุฎูุงู ูููู ูููููุง ุชุงุฑุฉ ูุถุนูููุง ุชุงุฑุฉ.
ูุจูุฐุง ุชุนุฑู ุฃูู ูุฉ ุงูุฏุนุงุก ุงูู ุฃุซูุฑ: โุงูููู ูุงุทุฑ ุงูุณู ุงูุงุช ูุงูุฃุฑุถุ ุนุงูู ุงูุบูุจ ูุงูุดูุงุฏุฉุ ุฃูุช ุชุญูู ุจูู ุนุจุงุฏู ููู ุง ูุงููุง ููู ูุฎุชููููุ ุงูุฏูู ูู ุง ุงุฎุชูู ููู ู ู ุงูุญู ุจุฅุฐูู ุฅูู ุชูุฏู ู ู ุชุดุงุก ุฅูู ุตุฑุงุท ู ุณุชููู โ
Syaikh โsemoga Allah mengampuninya- ditanya: โBagaimana pendapat anda tentang sebagian orang yang mencela dua al-Hafidz: anNawawi dan Ibnu Hajar, dan (mengatakan) bahwa mereka berdua termasuk Ahlul Bidโah? Dan apakah ada perbedaan antara kesalahan dalam hal ilmu dan amalan?
Fadhilatus Syaikh (Muhammad bin Sholih al-Utsaimin menjawab) :
Sesungguhnya 2 al-Hafidz: anNawawi dan Ibnu Hajar kedua-duanya telah memberikan kebaikan dan manfaat yang besar bagi kaum muslimin. Akan tetapi keduanya terjatuh dalam kesalahan dalam menakwilkan sebagian nash-nash tentang Sifat (Allah). (Namun kesalahan) itu terendam oleh keutamaan-keutamaan dan manfaat-manfaat yang berlimpah dari mereka berdua. Kita tidak menyangka bahwa apa yang menimpa mereka berdua kecuali berasal dari ijtihad dan takwil, dalam pikiran mereka. Dan saya berharap kepada Allah Taโala bahwa kesalahan itu termasuk yang diampuni, dan saya berharap bahwa apa yang telah mereka perbuat berupa kebaikan, manfaat, upaya yang (patut) disyukuri menjadikannya seperti yang dinyatakan oleh Allah Taโala:
{ุฅูููู ุงููุญูุณูููุงุชู ููุฐูููุจููู ุงูุณูููููุฆูุงุชู} [ููุฏ: 114]
โSesungguhnya kebaikan-kebaikan itu menghapuskan keburukan-keburukanโ (Q.S Huud:114)
Kami melihat bahwa mereka berdua termasuk Ahlussunnah wal Jamaโah. Hal itu ditunjukkan oleh khidmat mereka terhadap Sunnah Rasulullah shollallaahu โalaihi wasallam, semangat mereka untuk membersihkannya dari segala hal yang mengotorinya, dan melakukan tahqiq terhadap apa yang ditunjukkan oleh hukum-hukum. Akan tetapi mereka menyelisihi (Ahlussunnah) dalam hal ayat-ayat Sifat dan hadits-haditsnya, atau sebagian itu dari para pemuka Ahlussunnah yang berasal dari ijtihad yang salah. Maka kita mengharapkan kepada Allah Taโala untuk memaafkan beliau berdua.
Adapun kesalahan dalam hal aqidah, jika kesalahan itu menyelisihi jalan Salaf, maka itu adalah sesat, tanpa diragukan lagi. Akan tetapi pelakunya tidak dihukumi sesat sampai ditegakkan padanya hujjah. Jika telah tegak hujjah padanya, namun ia tetap pada kesalahan dan kesesatan tersebut, maka ia adalah Ahlul bidโah dalam hal yang alhaq dia selisihi tersebut, walaupun ia adalah Salafy pada hal-hal lain. Tetapi ia tidaklah disifati sebagai ahlul bidโah secara mutlak, tidak pula Salafy secara mutlak.
Akan tetapi dia disifati sebagai Salafy dalam hal yang sesuai dengan as-Salaf, ahlul bidโah dalam hal yang diselisihinya. Sebagaimana Ahlussunnah berkata tentang orang fasiq: sesungguhnya ia adalah mukmin dengan keimanan yang ada padanya, dan fasiq dengan perbuatan kemaksiatannya. Ia tidak disifatkan dengan sifat yang mutlak, tidak pula dinafikan darinya sifat yang mutlak. Ini adalah keadilan yang Allah perintahkan dengannya. Kecuali jika ahlul bidโah sampai pada batas yang mengeluarkannya dari Millah (agama), maka tidak ada kehormatan lagi baginya dalam hal tersebut.
Adapun perbedaan antara kesalahan dalam masalah ilmu dan amal, saya tidak mengetahui dasar pembedaan. Akan tetapi, ketika para Ulamaโ Salaf bersepakat-sesuai dengan yang kita ketahui- terhadap iman dalam perkara ilmu, perbedaan pendapat dalam masalah itu terjadi pada cabang dari dasarnya, bukan pada dasar tersebut. Orang-orang yang menyelisihi dalam masalah itu lebih sedikit jumlahnya dan lebih besar celaannya.
Para Ulamaโ Salaf telah berbeda pendapat dalam cabang-cabang dari dasar tersebut, sebagaimana perbedaan pendapat mereka: Apakah Nabi shollallaahu โalaihi wasallam melihat Tuhannya dalam keadaan terjaga? Perbedaan pendapat mereka dalam nama 2 Malaikat yang menanyai mayat di dalam kuburnya, perbedaan dalam apakah yang diletakkan di timbangan amal, apakah amalan-amalan, atau lembaran-lembaran (catatan amalan) atau pelaku amalannya? Dan perbedaan mereka apakah adzab kubur terkena pada badan saja tanpa ruh?
Perbedaan mereka apakah anak-anak kecil dan orang-orang yang mukallaf juga ditanya di dalam kubur? Perbedaan mereka dalam hal apakah umat-umat sebelum kita juga mendapatkan pertanyaan di kubur sebagaimana umat ini? Perbedaan mereka dalam sifat as-Shirat yang dibentangkan pada jahannam? Perbedaan mereka apakah anNaar akan binasa/lenyap atau kekal. Dan yang semisal itu, walaupun kebenaran adalah sesuai pendapat Jumhur dalam masalah-masalah tersebut, dan perbedaan tentang itu lemah.
Demikian juga dalam masalah amaliyah, perbedaan kadang-kadang kuat kadang-kadang lemah. Karena itu kita bisa mengetahui pentingnya doa:
ุงููููููู ูู }ุฑูุจูู ุฌูุจูุฑูุงุฆูููู ููู ููููุงุฆูููู ููุฅูุณูุฑูุงููููู{ ููุงุทูุฑู ุงูุณููู ูุงููุงุชู ููุงููุฃูุฑูุถู ุนูุงููู ู ุงููุบูููุจู ููุงูุดููููุงุฏูุฉู ุฃูููุชู ุชูุญูููู ู ุจููููู ุนูุจูุงุฏููู ูููู ูุง ููุงูููุง ููููู ููุฎูุชูููููููู ุงููุฏูููู ููู ูุง ุงุฎูุชููููู ููููู ู ููู ุงููุญูููู ุจูุฅูุฐููููู ุฅูููููู ุชูููุฏูู ู ููู ุชูุดูุงุกู ุฅูููู ุตูุฑูุงุทู ู ูุณูุชููููู ู
Yaa Allah (Tuhan Jibril, Mikail, Israfil) Pencipta langit dan bumi, Yang Maha Mengetahui hal yang ghaib dan yang nampak, Engkau Pemberi keputusan di antara hamba-hambaMu dalam hal yang mereka perselisihkan. Berikanlah aku petunjuk dalam hal-hal yang diperselisihkan berupa al-haq dengan idzinMu. Sesungguhnya Engkau pemberi hidayah kepada orang-orang yang Engkau kehendaki ke jalan yang lurus (H.R Muslim)(Kitabul โIlmi juz 1 halaman 148-150).
Tambahan Keterangan
Dalam nukilan pada Syarh alArbain anNawawiyah di atas, Syaikh al-Utsaimin menyebutkan tentang Safar al-Hawaly dalam konteks pujian. Hal ini, wallaahu aโlam sebelum Safar al-Hawaly terkena fitnah pemikiran Khawarij. Terdapat rekaman tanya jawab dengan Syaikh al-Utsaimin yang menunjukkan bahwa beliau tidak menasehatkan para pemuda untuk mendengarkan ceramah-ceramah Salman al-โAudah dan Safar al-Hawaly yang penuh dengan agitasi dan provokasi menentang para penguasa muslim.
Sebagian ikhwah penuntut ilmu di Aljazair bertanya kepada Syaikh Muhammad bin Sholih al-Utsaimin tentang sekelompok orang yang mengkafirkan penguasa tanpa kaidah-kaidah (syarโi) dan syarat-syarat tertentu?!
Syaikh โrahimahullah- menjawab:
โMereka yang mengkafirkan (penguasa muslim) adalah pewaris Khawarij yang telah keluar dari (ketaatan terhadap) โAli bin Abi Tholib โsemoga Allah meridlainya-. Sedangkan orang yang kafir adalah orang yang dikafirkan oleh Allah dan RasulNya. Dalam hal pengkafiran ada beberapa syarat, di antaranya : ilmu (mengetahui) dan kehendak. Yaitu kita mengetahui bahwa penguasa tersebut telah menyelisih al-haq dalam keadaan mengetahuinya, dan menghendaki (menginginkan) penentangan, dalam keadaan dia tidak mentakwil. Contohnya: ia sujud kepada berhala dalam keadaan dia tahu bahwa sujud kepada berhala adalah syirik, kemudian dia sujud tidak dalam kondisi menakwilkan. Intinya, dalam hal ini ada syarat-syarat. Tidak boleh tergesa-gesa dalam mengkafirkan. Sebagaimana tidak boleh tergesa-gesa dalam mengucapkan bahwa ini adalah halal dan ini adalah haram.
Pertanyaan: Selain itu, mereka mendengarkan kaset-kaset (ceramah) Salman bin Fahd al-โAudah dan Safar al-Hawaly! Apakah kami (semestinya) menasehati mereka untuk tidak mendengarkan itu?
Syaikh menjawab: โSemoga Allah memberkahi anda, kebaikan yang ada pada kaset-kaset ceramah mereka terdapat pada kaset ceramah (ulama) lain. Sebagian kaset-kaset tersebut bisa diambil (faidahnya). Sebagian kaset tersebut, bukan seluruhnya. Aku tidak bisa memilah untuk kalian antara kaset yang satu dengan yang lain (mana yang bisa diambil, mana yang harus ditinggalkan).
Pertanyaan: Kalau begitu, apakah anda menasehati kami untuk meninggalkan kaset-kaset mereka?
Syaikh menjawab: โTidak. Saya menasehati anda untuk mendengarkan kaset-kaset ceramah Syaikh Bin Baz, Syaikh al-Albany, kaset-kaset ceramah ulamaโ yang sudah dikenal keadilannya dan tidak memiliki pemikiran pemberontakan!!!
Pertanyaan: Wahai Syaikh, apakah perbedaan ini โ mereka mengkafirkan penguasa dan berkata bahwa itu adalah jihad di alJazair dan mereka mendengarkan ceramah Salman dan Safar al-Hawaly, termasuk perbedaan dalam cabang atau dasar?
Syaikh menjawab: Tidak. Itu adalah perbedaan dalam hal aqidah. Karena termasuk prinsip dasar Ahlussunnah wal Jamaโah adalah tidak mengkafirkan seseorang karena (semata-mata berbuat) dosa.
Pertanyaan: Wahai Syaikh, mereka tidaklah mengkafirkan pelaku dosa besar kecuali penguasa. Mereka berdalil dengan ayat:
ููู ููู ููู ู ููุญูููู ู ุจูู ูุง ุฃูููุฒููู ุงูููููู ููุฃููููุฆููู ููู ู ุงููููุงููุฑูููู
โBarangsiapa yang tidak berhukum dengan hukum Allah maka mereka adalah orang-orang kafirโ (Q.S al-Maidah:44).
Mereka tidaklah mengkafirkan kecuali penguasa saja.
Syaikh menjawab: Tentang ayat ini terdapat atsar dari Ibnu Abbas bahwa yang dimaksud adalah kekufuran yang tidak mengeluarkan dari agama. Sebagaimana dalam sabda Rasulullah shollallaahu โalaihi wasallam:
ุณูุจูุงุจู ุงููู ูุณูููู ู ููุณูููู ููููุชูุงูููู ููููุฑู
โMencela seorang muslim adalah kefasiqan, dan membunuhnya adalah kekufuranโ (Muttafaqun โalaih).
Sedangkan berdasarkan pendapat sebagian ahlut tafsir yang lain, ayat tersebut turun terkait dengan Ahlul Kitab karena konteksnya menunjukkan hal itu:
ุฅููููุง ุฃูููุฒูููููุง ุงูุชููููุฑูุงุฉู ูููููุง ููุฏูู ูููููุฑู ููุญูููู ู ุจูููุง ุงููููุจููููููู ุงูููุฐูููู ุฃูุณูููู ููุง ูููููุฐูููู ููุงุฏููุง ููุงูุฑููุจููุงูููููููู ููุงููุฃูุญูุจูุงุฑู ุจูู ูุง ุงุณูุชูุญูููุธููุง ู ููู ููุชูุงุจู ุงูููููู ููููุงูููุง ุนููููููู ุดูููุฏูุงุกู ููููุง ุชูุฎูุดูููุง ุงููููุงุณู ููุงุฎูุดููููู ููููุง ุชูุดูุชูุฑููุง ุจูุขูููุงุชูู ุซูู ูููุง ูููููููุง ููู ููู ููู ู ููุญูููู ู ุจูู ูุง ุฃูููุฒููู ุงูููููู ููุฃููููุฆููู ููู ู ุงููููุงููุฑูููู
Sesungguhnya Kami telah menurunkan Kitab Taurat di dalamnya (ada) petunjuk dan cahaya (yang menerangi), yang dengan Kitab itu diputuskan perkara orang-orang Yahudi oleh nabi-nabi yang menyerah diri kepada Allah, oleh orang-orang alim mereka dan pendeta-pendeta mereka, disebabkan mereka diperintahkan memelihara kitab-kitab Allah dan mereka menjadi saksi terhadapnya. Karena itu janganlah kamu takut kepada manusia, (tetapi) takutlah kepada-Ku. Dan janganlah kamu menukar ayat-ayat-Ku dengan harga yang sedikit. Barangsiapa yang tidak memutuskan menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang kafir (Q.S al-Anโaam:44) (Tanya jawab dengan Syaikh alUtsaimin tersebut dalam bentuk file audio berekstensi .rm, format Real Media, bisa didownload pada beberapa sumber, di antaranya: http://islamancient.com/blutooth/133.rm).
Kesimpulan:
1. Syaikh Muhammad bin Sholih al-โUtsaimin tidaklah pernah menyatakan bahwa Imam AnNawawi dan Ibnu Hajar sebagai ahlul bidโah apalagi mengkafirkan mereka berdua.
2. Syaikh al-Utsaimin, sebagaimana Ulamaโ Ahlussunnah yang lain bukanlah takfiri yang bermudah-mudahan mengkafirkan. Namun, mereka bersikap teliti, obyektif, dan adil dalam menilai berdasarkan nash-nash al-Qurโan dan AsSunnah yang shahihah dengan pemahaman para Sahabat Nabi.
3. Orang yang berbuat kebidโahan tidak secara otomatis divonis sebagai ahlul bidโah, sebagaimana orang yang berbuat suatu kekufuran tidak bisa langsung dikatakan sebagai orang kafir. Perlu dilihat faktor-faktor lain, sebagaimana penjelasan Syaikh al-Utsaimin di atas. Tidak boleh seseorang tergesa-gesa dalam memvonis orang lain sebagai ahlul bidโah atau kafir.
0 komentar:
Posting Komentar