-->

04 September 2012

Ahlus Sunnah... SEMANGATLAH! JANGAN MERASA LEMAH!





Camkanlah dengan kuat ayat Allah berikut ini,

وَعَسَى أَن تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرُُ لَّكُمْ وَعَسَى أَن تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَّكُمْ وَاللهُ يَعْلَمُ وَأَنتُمْ لاَ تَعْلَمُونَ

“BOLEH JADI KAMU MEMBENCI SESUATU, PADAHAL IA AMAT BAIK BAGIMU, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu; ALLAH MENGETAHUI, SEDANG KAMU TIDAK MENGETAHUI” (QS. 2:216)


Syaikh As Sa’di menerangkan ayat ini,


“Ayat-ayat ini berlaku secara umum. Perbuatan-perbuatan kebaikan,yang tidak disuka oleh jiwa karena dirasa berat,sesungguhnya adalah kebaikan,tanpa ada keraguan sedikit pun.


Demikian pula,amalan-amalan buruk,walau disenangi oleh jiwa karena ada bayangan semu akan ketenangan dan kelezatan,sesungguhnya adalah kejahatan,tanpa ada sedikit pun keraguan.”


Adapun urusan dunia tidak selamanya demikian. TERKADANG, SEORANG HAMBA MUKMIN JIKA IA MENGINGINKAN SESUATU LALU ALLAH MENGHADIRKAN SEBUAH SEBAB YANG MENGHALANGI DIRINYA untuk meraih apa yang ia harapkan,justru hal itu lebih baik untuknya.


Semestinya, ia malah bersyukur dan meyakini bahwa keputusan yang terjadi adalah lebih baik. Sebab,hamba mukmin sangat meyakini jika Allah lebih mengasihi dirinya dibandingkan ia terhadap dirinya sendiri.Ia pun yakin jika Allah Maha Tahu dan Maha Mampu untuk memberikan yang terbaik untuknya”[3]


Pembaca,hafidzakallahu…


Jelasnya,tugas hamba adalah berusaha dan berikhtiar. Tidak lupa ia hiasi dengan doa dan permohonan kepada Dzat Yang Maha Kuasa. Kemudian,APAPUN KEPUTUSAN DARI NYA,SETIAP HAMBA HARUS BERPRASANGKA BAIK.


Mungkin,ini lebih baik!


Rasulullah bersabda,

احْرِصْ عَلَى مَا يَنْفَعُكَ وَاسْتَعِنْ بِاللَّهِ وَلَا تَعْجَزْ

“SEMANGATLAH! Untuk meraih hal-hal bermanfaat bagi dirimu. MOHONLAH PERTOLONGAN SELALU KEPADA ALLAH. JANGAN MERASA LEMAH![4]


Mudah-mudahan kita selalu berada di dalam lingkaran ridha dan sabar atas ketentuan-ketentuan Allah Ta’ala.Sedih dan kecewa lumrah saja jika muncul karena harapan yang “belum” terwujud.Namun, SEDIH DAN KECEWA ITU HANYALAH SEMENTARA.Tidak akan berkepanjangan.


Sebab kita yakin ; MUNGKIN,INI LEBIH BAIK!


-----

[3] Tafsir As Sa’di
[4] Hadits Abu Hurairah riwayat Muslim

0 komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.